Sukses

Post operasi varikokel

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 27 tahun.
dok, saya susah menbuka penjelasan dari permasalahan dibawah ini. selalu muncul lagi kehalaman pertama. mohon dijelaskan lagi thx dokter, sekitar 14bulan yang lalu saya me njalani operasi varikokel sebelah kiri setadium 3. operasi dilakukan di bawah perut sebelah kiri. Dokter waktu itu mengatakan perlu waktu sekitar 6 bulan untuk proses pengecilan varikokel tersebut. Sekitar 6 bulan lebih setelah operasi tersebut saya merasakan ngilu (kemeng) di bagian selangkangan saya. Kondisi sekarang, varikokel saya sudah lebih kecil dibandingkan ketika sebelum dilakukan operasi, dan akhir2 ini saya juga tidak merasakan ngilu (kemeng) yang berati di daerah selakangan tersebut. Namun saya dapat meraba dan merasakan bahwa varikokel saya ternyata memang belum sepenuh nya mengecil. bila dilhat,buah zakar saya sebelah kiri tidak sejajar dengan sebelah kanan,( sedikit keatas) tidak sekecil sebelah kanan atau ketika saya belum mengalami sakit waktu itu. yang menjadi pertanyaan saya adalah, apakah kondisi ini wajar?apakah memang perlu waktu yang lebih lagi agar varikokel saya tersebut mengecil seperti semula?apa yang sebaiknya saya lakukan?.Apakah hal ini berpengaruh besar terhadap kualitas sperma? Bagaimana cara melihat sperma yang berkualita baik dengan mata telanjang? Apakah pengobatan Varikokel itu tidak ada lain selain operasi dok?Mohon penjelasan dokter agar kegundahan saya selama ini terobati mengingat dalam waktu tidak lama lagi saya akan menikah. terima kasih atas penjelasannya (Pria, 25 thn, 160 cm, 57 kg) ( perempuan, 27 thn,160 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (buah zakar). Umumnya varikokel mengenai skrotum yang sebelah kiri karena bentuk anatomisnya. Namun sekitar 40% mengalaminya bilateral (kedua skrotum). Dapat  terlihat adanya pembengkakan pada skrotum dan rasa nyeri serta rasa berat. Jika dipegang, dapat terasa seperti kita memegang kantung yang berisi banyak cacing. Efek yang ditimbulkan terhadap kemandulan masih banyak teorinya.

Tidak semua varikokel membutuhkan operasi, yang memerlukan operasi adalah :
1. Jika varikokel tersebut dapat teraba (sudah cukup besar)
2. Jika suami dan istri terbukti ada infertilitas
3. Jika istrinya subur
4. Jika hasil tes sperma pada laki-laki membuktikan adanya gangguan

Varikokel memang akan mengecil setelah operasi dilakukan, yang pasti lebih kecil dari sebelum operasi. Sebenarnya tujuan utama operasi varikokel ini adalah untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas dari sperma yang anda miliki. Dalam waktu 4-6 bulan sesudah operasi sebaiknya dilakukan follow-up untuk menganalisis kualitas dan kuantitas sperma, dibandingkan dengan sebelumnya. Penelitian tentang varikokel yang diterbitkan oleh Jurnal Urologi Indonesia menghasilkan suatu kesimpulan dimana 6 bulan setelah operasi terdapat perbaikan signifikan volume testis kiri dan konsentrasi spermatozoa.

Kesuburan dari sperma sendiri tidak dapat dilihat dengan mata telanjang namun harus dilakukan pemeriksaan motilitas dan morfologi sperma di laboratorium. Pengobatan varikokel selain operasi dapat dilakukan embolisasi varikokel dengan memasukkan kateter atau selang kecil ke pembuluh darah vena di bawah bimbingan x-ray. Cincin metal akan diletakkan di pembuluh darah vena spermatika sinistra (kiri) untuk menghambat aliran darah ke vena di bawahnya.

Berkonsultasilah kembali ke dokter bedah anda, mengingat sudah 14 bulan dari waktu anda operasi, untuk dilakukan tes analisis sperma dan untuk dievaluasi kondisi varikokel yang anda miliki. Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar