Sukses

Luka tidak sembuh-sembuh

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Pria, 20 tahun.
Selamat Sore dok, saya mw tanya, paman saya 60 th kakinya kena luka pacul trus ga sembuh-sembuh sampai 2 dua bulan sekarang, terdapat korengan, permukannya tidak rata tapi kalau di pegang tidak sakit. apa mungkin bekas luka yang ga sembuh bisa menjadi kanker? Terima kasih.( laki-laki, 20 thn,170 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang terhormat,

Luka di kaki yang paman anda derita saat ini sudah berlangsung kronik, dalam arti kata sudah lebih dari 2 minggu. Menurut data yang anda berikan, luka tersebut tidak kunjung membaik, dan bahkan mungkin menjadi lebih besar. Data selanjutnya yang anda berikan adalah luka di kaki paman anda tidak memiliki rasa sakit.

Berdasarkan data yang anda berikan, saya mencurigai paman anda memiliki penyakit Diabetes Melitus (DM). Kekhasan dari penyakit ini adalah luka yang tidak sembuh-sembuh dan tidak memiliki rasa sakit. Jadi permasalahannya disini bukanlah luka yang dapat menjadi kanker, namun luka yang tidak sembuh tersebut apabila tidak diobati dan dirawat setiap hari dapat menjadi sumber infeksi dan berkomplikasi menjadi ulkus gangren DM. Ulkus gangren DM adalah luka yang terjadi pada penderita DM dimana bagian tubuh tersebut sudah nekrotik (mati) dan sebaiknya segera diamputasi. Apabila tidak diamputasi ditakutkan infeksi yang terjadi dapat menyebar ke seluruh tubuh dan mengakibatkan komplikasi yang lebih berat.

Tentu saja saya tidak mengharapkan paman anda mengalami kejadian seperti yang saya gambarkan di atas. Untuk mencegahnya, saran saya adalah agar anda membawa paman anda berobat untuk diperiksakan riwayat penyakit DM dan luka di kakinya. Penanganan luka di kaki ini harus dilakukan dengan baik dan telaten setiap harinya.

Mengenai pertanyaan anda, bekas luka yang tidak sembuh dapat menjadi kanker, jawabannya adalah tergantung dari jenis kanker apa yang dimiliki. Apabila kanker kulit, mungkin saja hanya berawal dari luka kecil yang melebar. Namun dasar dari luka ini adalah kanker itu sendiri, bukan dicetuskan oleh riwayat trauma seperti yang paman anda alami. Untuk jenis kanker lain, jawabannya adalah tidak.

Sekian, semoga bermanfaat. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar