Sukses

Luka di kemaluan(2)

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 20 tahun.
Saya ingin melanjutkan pertanyaan saya kmrin. lukanya tidak mengalami keluhan yang dokter jelaskan hanya luka gatal saja dan kulitnya kering dan merah.tidak ada keluhan lain.kira2 luka seperti itu bs diberi salep antijamur biasa g dok krna melihat kulit pd bagian trsbt sngt sensitif.terima kasih dok( perempuan, 20 thn,159 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari kllikdokter. Kalau boleh saya rangkum, jadi suami anda tidak memiliki keluhan selain keluhan kulit pada kemaluan antara lain luka sebesar gigitan nyamuk (tidak membesar) disertai rasa gatal yang meluas dan kulit kemaluan menjadi kering dan merah. Benar begitu?

Pada kasus ini infeksi jamur memang sangat mungkin menjadi penyebabnya. Saya menduga keputihan yang anda alami terjadi akibat infeksi jamur candida sp.yang dapat ditransmisikan ke suami anda melalui hubungan seksual.  Namun masih ada kuman penyebab lain yang dapat menyebabkan kondisi serupa, seperti bakteri atau parasit tertentu. Saran saya sebaiknya anda mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi lebih lanjut. Anda dan suami akan menjalani serangkaian pemeriksaan darah dan cairan keputihan untuk memastikan kuman penyebabnya, baru dapat ditentukan terapi yang sesuai dan optimal.  Bila penyebabnya benar jamur, baru dapat diberikan obat antijamur yang dioleskan pada daerah luka, bakteri dengan antibiotik yang sesuai dan parasit dengan antiparasit. Dan perlu diketahui bahwa tidak semua antijamur dapat bekerja efektif pada semua jenis jamur. Begitupun dengan antibiotik dan antiparasit.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat menjawab pertanyaan anda. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar