Sukses

Luka di kemaluan

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 20 tahun.
dok saya ingin bertanya, suami saya tdnya di batang kemaluannya seperti digigit semut lukanya kecil tapi lama kelamaan kok gatalnya semakin meluas dan kulit kemaluannya kering dan merah. dan dibagian kepala kemaluannya juga kering tapi tdk gatal.apa karena saya keputihan jadi lukanya terkena jamur keputihan saya yah dok?apa itu berbahaya?apa ada obat antijamur yang bs menyembuhkannya dok?terima kasih( perempuan, 20 thn,159 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah mempercayakan masalah anda pada klikdokter. Saya mengerti kekhawatiran anda akan keluhan yang dirasakan anda dan suami.

Luka pada kemaluan memiliki beberapa penyebab. Terapi yang diberikan tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Begitu juga dengan keputihan yang anda alami. Idealnya diperlukan informasi lebih lanjut disertai pemeriksaan fisis langsung ataupun penunjang untuk memastikan diagnosisnya.

- Apakah suami anda pernah mengalami keluhan serupa sebelumnya?

- Apakah disertai keluhan demam dan lemas?

- Apakah suami anda juga memiliki keluhan keluar cairan dari kemaluan?

- Apakah disertai benjolan pada lipat paha?

- dsb

Pengobatan dengan antijamur hanya efektif bila penyebab keluhan anda dan suami adalah jamur. Sayang informasi yang anda berikan masih sangat terbatas, namun jamur bukan merupakan salah satu penyebab timbulnya luka pada kemaluan. Penyebabnya antara lain adalah infeksi bakteri atau virus yang umumnya ditransmisikan melalui hubungan seksual, termasuk herpes.

Saran saya sebaiknya anda dan suami tidak berhubungan seksual dahulu untuk sementara waktu dan segera mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi lebih lanjut. Terapi yang sesuai dan optimal baru dapat ditentukan setelah diketahui penyebabnya.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar