Sukses

Anak batuk pilek

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 5 tahun.
Dok,anak saya berumur 5 tahun (terlahir tgl 14 nov),saat ini sedang sakit batuk pilek disertai dengan napas yang cepat, yaitu 60-64 kali dalam semenit, serta tarikan napas dalam, badan agak hangat, napsu makan juga tdk ada. Anak saya sering mengalami penyakit seperti ini, terutama kalau udah sakit batuk yang agak berat(disertai riak dalam tenggorakan), namun apabila sakit batuk dan radang tenggorakannya(mungkin) sembuh,otomatis napas cepatnya pun normal kembali. Saya khawatir apakah ini penyakit pnemonia atau bukan, dan bagaimana cara pengobatan, apakah harus dibawa ke dokter spesialis(spesialis apa) atau cukup minum obat batuk saja. Dan sering kambuh ini penyakit napas cepat ini, apakah karena memang belum sembuh total, mohon sarannya.terima kasih.( perempuan, 5 thn,100 cm,30 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan anda terhadap klikdokter. Saya dapat memahami kekhawatiran anda terhadap penyakit yang anak anda alami. Sebelum menjawab pertanyaan anda, saya akan  menjelaskan mengenai pneumonia terlebih dahulu.

Pneumonia merupakan infeksi pada jaringan paru. Penyebab infeksi ini bermacam-macam namun pada umumnya disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Gejala yang umum ditemukan pada anak-anak adalah batuk, mengeluarkan dahak, demam, nyeri dada, nyeri perut, muntah, nafas cepat, sesak nafas, kulit menjadi kebiruan, retraksi dada (tarikan otot dada meningkat), frekuensi nafas meningkat, dsb. Untuk memastikan diagnosis pneumonia dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan penunjang antara lain pemeriksaan darah, foto rontgen dada, tes mantoux (bila diduga karena kuman tuberkulosis), pembiakan sekret sputum (dahak) dan pola resistensi kuman (kekebalan kuman), dsb.

Berdasarkan penjelasan yang anda berikan, anak anda menunjukkan gejala nafas cepat, tarikan nafas dalam (retraksi), badan hangat (demam), dan nafsu makan menurun. Untuk lebih memastikan, harus dievaluasi kembali apakah terdapat tanda-tanda pneumonia lain yang saya sebutkan diatas. Jika iya, kemungkinan besar anak anda memang menderita pneumonia. Kemungkinan penyebab lain adalah adanya infeksi saluran nafas atas yang memiliki gejala serupa namun lebih ringan.

Terapi yang diberikan pada pneumonia bergantung pada kuman penyebabnya. Apabila disebabkan oleh bakteri, dapat diberikan antibiotik. Apabila disebabkan oleh virus, dapat diberikan antivirus (sesuai jenis virus penyebab). Apabila disebabkan oleh jamur, dapat diberikan obat antimikotik / anti jamur. Selain itu dapat diberikan beberapa tambahan terapi seperti oksigen, dsb.

Jika anda ingin membawa anak anda berobat, anda dapat membawa anak anda berkonsultasi ke dokter umum / dokter spesialis anak. Penyakit infeksi saluran nafas pada anak-anak memang merupakan salah satu penyakit terbanyak yang ditemui. Apabila anak anda sering mengalami hal seperti ini, maka sebaiknya dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan seperti menjaga asupan nutrisi yang baik, menjaga kebersihan, dsb. Lebih detil mengenai hal ini dapat anda diskusikan bersama dokter spesialis anak anda.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat dipahami. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar