Sukses

Malaria kambuhan?

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Pria, 30 tahun.
Dear dokter, saya pernah kena malaria, ketika baru dari Ujung Kulon. Ada juga bbrp temen kena malaria, dan dia beberapa kali masukke RS, malarianya kambuhan, dalam 1 thn, dia 4x masuk RS. apakah malaria ini bisa di hilangkan? karena kalau baca2 artikel, tidak bisa hilang, alias parasit nay tetep ada dan bersembunyi di lever. kalau malaria di Ujung Kulon termasuk tipe apa? Terima kasih, saya tunggu kabarnya. Best Regards Hanafi ( laki-laki, 30 thn,165 cm,75 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan anda pada klikdokter. Saya mengerti anda khawatir apabila sewaktu-waktu malaria anda dapat kambuh.

Malaria adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh protozoa dari genus Plasmodium. Pada manusia, terdapat empat spesies  penyebab malaria, yaitu P. falciparum, P. vivax, P. ovale, P. Malaria.

Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax merupakan jenis parasit malaria yang paling banyak ditemukan pada daerah tropis dan subtropis. Secara epidemiologi, Plasmodium falciparum adalah penyebab sekitar 85% malaria di dunia dan merupakan penyebab malaria yang paling berat. Namun pada kasus teman anda, kemungkinan jenis parasit malaria yang menyebabkan adalah Plasmodium vivax, mengingat malaria yang diderita timbul berulang. Hal ini terjadi oleh karena di dalam hati, sebagian parasit masih beristirahat (dormant). Sewaktu-waktu parasit ini dapat teraktivasi menimbulkan keluhan malaria kembali.

Pada prinsipnya pengobatan malaria dapat ditangani secara optimal apabila telah diketahui jenis parasit dan pola kekebalan parasit tersebut terhadap obat antimalaria tertentu.

Lebih lanjut mengenai malaria dapat anda baca dengan mengklik URL link berikut:

https://www.klikdokter.com/illness/detail/162

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar