Sukses

Keputihan coklat kental?

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 22 tahun.
Dok, saya mengalami keputihan dengan ciri-ciri kadang berwarna kecoklatan kental dan tidak berbau menyengat, kadang berwarna putih susu lengket tidak berbau menyengat, dan tidak menimbulkan gatal dikemaluan. saya sudah beberapa kali ke dokter spesialis kulit&kelamin, kata dokter tersebut keputihan saya tidak perlu di ambil untuk dicek dilaboratorium.Namun saya cuma diberi obat dan antibiotik.Namun keputihan saya tidak kunjung sembuh.Bagaimana cara mengobatinya dok?Apakah wanita yang belum menikah wajar mengalami keputihan seperti yang saya derita?Berbahayakah keputihan saya?Terimakasih.( perempuan, 22 thn,160 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan anda terhadap klikdokter. Saya dapat memahami kekhawatiran anda akan keluhan keputihan yang anda alami. Pertama-tama terdapat beberapa hal yang harus saya konfirmasi terlebih dahulu:

1.  Sejak kapan anda merasakan keluhan tersebut?

2. Apakah sebelumnya anda pernah mengalami keluhan seperti saat ini?

3. Apakah anda mengalami keluhan lain selain keputihan?

    (contoh: nyeri perut, nyeri saat buang air kecil, terasa panas di daerah sekitar kemaluan, keluar darah)

4. Apakah anda pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya?

5. Apakah anda mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter anda secara teratur?

6. dsb

Secara definisi keputihan adalah keluarnya cairan (bukan darah) dari liang vagina (kemaluan) wanita.  Pada kasus anda, cairan yang anda maksud bisa jadi merupakan spotting / bercak perdarahan sehingga tidak bisa disebut sebagai keputihan. Hal ini dapat terjadi pada wanita secara normal hingga patologis (akibat kondisi medis yang mendasari). Perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk  memastikannya. Dan mengingat masih banyak faktor lain yang memengaruhi timbulnya keputihan, saya belum dapat menyimpulkan secara pasti diagnosis dari keluhan yang anda alami.

Sayang sekali informasi yang anda berikan masih sangat terbatas. Saya sarankan sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis kulit kelamin anda atau dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsultasi lebih lanjut. Ceritakan secara detil mengenai berbagaii keluhan yang anda alami. Pengobatan antibiotik umumnya diberikan sesuai dengan kuman penyebab dari hasil pemeriksaan mikroskop cairan keputihan. Bila diperlukan, juga dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium darah. Dengan serangkaian pemeriksaan tersebut diharapkan dokter dapat memastikan apakah cairan tersebut benar merupakan keputihan atau bercak perdarahan dan apakah yang menjadi penyebabnya? Apabila dari pemeriksaan didapatkan hasil yang abnormal, dapat dilakukan pengobatan yang sesuai dan optimal. 

Pada wanita yang belum menikah, kadangkala dapat mengalami keputihan yang fisiologis atau normal. Pada umumnya cairan yang keluar berwarna bening / putih dan tidak menimbulkan keluhan. Berbahaya atau tidaknya keputihan yang dialami seorang wanita bergantung dari penyebab keputihan dan apakah wanita tersebut mendapatkan terapi pengobatan yang adekuat.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat dipahami. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar