Sukses

Makanan dan obat herbal

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 0 tahun.
Saya mempunyai kakak yang punya sakit ginjal, hati, jantung, asam urat dan hipertensi.
Disini saya mohon tanya :
1. Makanan ( sayuran & buah ) apa yang boleh dikonsumsi dengan beberapa penyakit tsb?
2. kakak saya jg mengkonsumsi obat herbal yaitu cordycept, apakah obat tsb ada efek sampingnya dg penyakit yang dideritanya ?
Mohon saran dan jawaban dari anda. Sebelum dan sesudahnya, saya mengucapkan terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Mengingat banyaknya penyakit yang diderita kakak anda saya akan mencoba menjelaskan satu demi satu:
  1. Sakit ginjal: yang umumnya harus dibatasi adalah asupan protein. Akan tetapi pembatasan tersebut bergantung kepada derajat penyakit ginjal yang diderita.
  2. Sakit hati / liver: yang harus dibatasi adalah asupan makanan / minuman / obat-obatan yang dapat menyebabkan gangguan pada hati (hepatotoksik). Contohnya adalah minuman beralkohol.
  3. Sakit jantung dan hipertensi: perlu diperhatikan apakah terdapat faktor risiko lain seperti kadar kolesterol yang tinggi. Apabila terdapat kadar kolesterol tinggi maka diperlukan diet rendah lemak dan rendah kalori (energi), dan apabila dibutuhkan, dapat diberikan obat penurun kadar kolesterol. Pasien dengan hipertensi umumnya perlu dibatasi asupan garam sehari-hari.
  4. Asam urat: makanan yang dikonsumsi harus rendah purin. Makanan yang mengandung purin antara lain daging merah, kacang-kacangan, dsb.
Mengingat kompleksitas penyakit yang kakak anda derita, sebaiknya kakak anda mengunjungi dokter yang merawat selama ini untuk berkonsultasi mengenai terapi gizi yang baik. Apabila diperlukan, kakak anda dapat dikonsulkan ke ahli gizi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Obat herbal yang dikonsumsi kakak anda merupakan obat alternatif yang menyatakan memiliki beberapa khasiat (antioksidan, meningkatkan oksigenasi, dsb). Hal yang terpenting adalah berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsi obat tersebut. Jangan mengonsumsi obat lain tanpa sepengetahuan dokter yang merawat, karena bisa saja terjadi interaksi antara obat yang diberikan dokter dengan obat herbal tersebut. Selain itu, mengingat fungsi ginjal dan hati kakak anda mengalami gangguan, dapat terjadi gangguan dalam pengolahan /  metabolisme dan pembuangan / ekskresi obat tersebut.
Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat dipahami. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar