Sukses

Nyeri rusuk kanan(2)

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Pria, 24 tahun.
Dokter.. Menanggapi pertanyaan Dokter mengenai keluhan nyeri di bagian rusuk kanan saya.. * Bagian belakang rusuk kanan yang Anda maksud adalah punggung kanan? Jawaban : Maksud saya nyeri di bagian rusuk kanan.. Terasanya nyeri di dalam.. Dan terjadi kadang-kadang dan tiba2 saja.. * Apakah pernah ada riwayat trauma atau terjatuh sebelumnya? Jawaban : Tidak * Apakah sakitnya berhubungan dengan makanan (sebelum, sesudah makan, atau tidak berhubungan), atau terasa sesudah makan makanan berlemak? Jawaban : Tidak * Sejak kapan nyeri ini Anda alami? apakah sudah pernah terjadi sebelumnya? Jawaban : Tidak pernah terjadi sebelumnya.. Terjadi baru sekitar seminggu ini.. * Adakah keluhan mual, muntah, dan diare? Jawaban : Tidak * Apakah BAB dan BAK Anda normal? Apakah BAK berwarna seperti teh? atau BAB berwarna putih? Jawaban : Tidak * APakah nyerinya menjalar dari ulu hati ke punggung bagian kanan? Jawaban : Tidak Nyeri ini muncul tiba2 dan membaik sendiri.. Mohon bantuannya ya Dok..( laki-laki, 24 thn,170 cm,63 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Terima kasih atas konfirmasi kembali pertanyaan yang kami ajukan sebelumnya. Berdasarkan data yang Anda berikan :

  • kemungkinan penyakit jantung tersingkirkan karena nyeri hanya terjadi di rusuk kanan dan tidak menjalar, ditunjang usia anda yang masih muda
  • penyebab gangguan pencernaan juga tersingkirkan karena tidak adanya hubungan antara nyeri dan makanan, tidak adanya riwayat diare, mual, dan muntah
  • penyebab trauma sebelumnya juga tidak didapatkan
  • kemungkinan bukan penyebab dari hati karena tidak adanya gejala mual, BAK seperti teh atau BAB berwarna putih.

Kemungkinan yang tersisa adalah penyebab dari kulit atau otot. Penyebabnya diantaranya adalah spasme otot karena pergerakan yang tidak anatomis (terlalu meregang) atau kekurangan elektrolit. Untuk sementara yang dapat saya sarankan adalah jangan bergerak berlebihan (seperti 'mengulet' terlalu berlebihan ketika bangun pagi), olahraga untuk melemaskan otot dan melancarkan aliran darah, dan dapat menggunakan pemanas seperti minyak kayu putih di tempat nyeri.

Untuk meredakan nyeri anda juga dapat meminum obat pereda rasa nyeri seperti parasetamol atau asam mefenamat. Apabila keluhan ini berlanjut dan semakin mengganggu sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar