Sukses

Infeksi Gonorrhea

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 27 tahun.
pagi,doksaya mau tanya langsung saja, saya setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan saya, waktu itu entah kenapa vagina saya berdarah,ketika dia memasturbasi saya.berikutnyasaya merasakan sakit waktu buang air kecil,seperti tidak tuntas? kencing saya berbau aneh yang tidak pernah sebelumnya,dok.dan vagina saya mengeluarkan cairan seperti nanah atau apa saya tidaktahu,selain rasa akit tadi. dokapakah saya terjangkit penyakit kelamin?apa hal terbutuk yg mungkin terjadi dgn saya melihat gejala2 tadi? pasangan saya juga bilang penisnya sakit waktu buang airkecil. dok saya mohon beri saya penjelasan dan solusidari dokter,segera.( perempuan, 27 thn,163 cm,41 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Gejala yang Anda maupun pasangan Anda alami memang menjurus ke arah Infeksi Menular Seksual (IMS). Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penularan terjadi karena kontak langsung dari alat kelamin (vaginal intercourse), seks oral, maupun seks anal (dubur). Umumnya IMS ditularkan melalui kontak dari membran mukosa dan terkadang melalui mulut.

Apabila Anda berhubungan seksual tanpa pengaman (kondom) dan Anda atau pasangan memiliki risiko IMS, diantaranya adalah berganti-ganti pasangan seksual, maka memang patut dicurigai bahwa Anda terkena IMS.

Gejala nyeri saat buang air kecil dan disertai dengan kencing bernanah cukup khas untuk penyakit Gonorrhea atau yang lebih dikenal dengan GO. GO merupakan salah satu jenis IMS yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhea. Penularannya cepat dengan masa inkubasi yang hanya berkisar 3-5 hari. Wanita yang menderita GO sebaiknya cepat diobati karena adanya kemungkinan komplikasi  Penyakit Radang Panggul (Pelvic Inflammatory Disease-PID). PID dalam jangka panjang dapat menyebabkan perlekatan alat reproduksi dan menyebabkan gangguan kesuburan.

Terapi untuk gonorrhea adalah antibiotik suntik golongan penisillin prokain atau antibiotik oral golongan quinolon. Tentu saja pengobatan antibiotik ini harus di bawah pengawasan dokter. Saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dievaluasi lebih lanjut, diperiksa laboratorium untuk memastikan penyakit GO, dan diberikan terapi antibiotik.

Pasangan Anda juga sebaiknya diobati karena apabila tidak maka pasangan Anda dapat menularkan penyakit ini lagi melalui hubungan seksual. Hal ini dinamakan fenomena pingpong, dalam artian kedua belah pihak harus diobati secara tuntas kalau tidak salah satu akan tetap dapat menularkan.

Untuk selanjutnya, pencegahan penyakit GO terutama adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual, kemudian tidak berganti-ganti pasangan seksual, dan melakukan hubungan seksual dengan menggunakan kondom. Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar