Sukses

Posisi bayi sungsang

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 29 tahun.
pagi dok, saya ibu hamil usia 29 th kandungan saya sekarang 9 bulan kurang 2 minggu kemaren saya periksa kandungan, katanya posisi bayi saya sungsang gimana dok kalau proses persalinannya nanti trus sekarang masih bisa dibenerin ga? makasih( perempuan, 29 thn,150 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Posisi bayi yang sungsang memang wajar didapatkan pada janin di trimester kedua. Seiring dengan perkembangannya, janin akan memutar posisi tubuhnya sampai mencapai posisi akhir yaitu kepala di rongga panggul. Sembilan bulan kurang 2 minggu saya perkirakan usia kehamilan sekitar 34 minggu. Pada usia kehamilan ini bayi masih bisa berputar menjadi posisi kepala, namun semakin besar janin maka akan semakin sulit baginya untuk merubah posisi tubuh karena ruang gerak yang sudah semakin sempit.

Posisi sungsang dapat diubah dengan cara manual dari luar perut dan dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan yang sudah berpengalaman. Hal ini dikarenakan memutar posisi janin dari luar dapat membahayakan nyawa janin. Apabila sampai usia 40 minggu dan janin masih berada di posisi sungsang, perkiraan cara kelahiran yang dianjurkan adalah operasi sesar. Melahirkan pervaginam atau normal dengan posisi bayi sungsang memiliki risiko yang lebih besar.

Ibu dapat menggunakan fitur 'Kalender Kehamilan' yang berada di halaman depan website kami untuk memperoleh informasi mengenai segala sesuatu yang perlu diketahui di dalam kehamilan. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar