Sukses

Penyakit Liver?

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Wanita, 0 tahun.
Selamat Siang, Saya sakit sudah 2 minggu. rasa sakit yg saya alami di bagian kaki kiri dan kanan, lutut,dan daerah mata kaki terasa ngilu dan betis terasa kencang dan pegal? dan jika berjalan ada bunyi seperti tulang kepala saya pun sering pusing. saya sudah konsultasi dokter spesialis dalam dan sdh tes darah ternyata hasilnya hati saya melebihi normal (50). apakah saya mengidap penyakit lever. Saya meminta solusi apakah sakit yg saya rasakan ada hubungannya dengan penyakit hati. Terimakasih atas kesediaanya untuk membaca dan membalas keluhan saya. (Wanita, 27 thn, 160 cm, 53 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih telah memepercayakan masalah anda pada klikdokter.
Saya dapat mengerti kekhawatiran anda apakah keluhan yang anda alami ada kaitannya dengan penyakit liver/hati.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, terdapat beberapa pertanyaan yang harus dikonfirmasi terlebih dahulu:

  1. Nilai tes anda (dengan hasil diatas 50) harus diperjelas, apakah nilai SGOT atau SGPT yang meningkat?
  2. Apakah ada keluhan lain yang anda rasakan? Seperti:
    • Perut begah
    • Mata kuning
    • Mual/muntah?
    • badan lemas/cepat lelah?
    • nyeri di daerah ulu hati?
    • Perubahan pada buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) anda?
  3. Bagaimana hasil lab lainnya?

Saya menduga nilai yang diatas 50 tersebut adalah nilai SGPT. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan peningkatan nilai SGPT, antara lain konsumsi obat-obatan tertentu, konsumsi alkohol, penyakit pada hati (hepatitis, dll), dsb.

Mengenai keluhan pada kaki dan lutut anda, idealnya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Yang bisa saya katakan saat ini adalah kecil kemungkinan terdapat hubungan antara keluhan anda dengan kelainan  pada liver.

Saya menyarankan agar anda meneruskan pengobatan anda dengan dokter spesialis penyakit dalam tersebut. Bila perlu dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan penunjang seperti USG, pemeriksaan fungsi hati lengkap, dsb. Dengan kerjasama yang baik antara anda dan dokter diharapkan mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar