Sukses

Gigi susu kropos

20 Oct 2014, 09:32 WIB
Wanita, 4 tahun.
Sakit pada gigi dokter, anak saya berumur 3 tahun 9 bulan mempunyai gigi susu bagian atas yang keropos. salah satu gigi susu anak saya tersebut agak goyang dan pada gusinya pernah bengkak dan bernanah, dan sekarang seperti ada titik kuning di gusinya. apakah ini berbahaya? apa yang harus saya lakukan, karena anak saya tidak mau ke dokter gigi. ( perempuan, 4 thn,105 cm,18 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Gigi susu bagian atas yang keropos biasanya disebabkan karena kebiasaan minum susu di botol sebagai pengantar tidur. Susu yang tertinggal di permukaan gigi menjadi mengendap semalaman, karena produksi air liur (yang berfungsi sebagai pembilas) menurun saat kita tidur. Susu tersebut menjadi makanan bagi bakteri sehingga memudahkan terjadinya karies/lubang pada gigi-gigi depan atas tersebut.

Infeksi bakteri tersebut dapat berlanjut ke bagian ujung akar dan ke jaringan penyangga gigi sehingga terjadi abses, dan  juga menyebabkan gigi menjadi goyang. Titik kuning yang Ibu sebutkan kemungkinan besar adalah fistula, bisa dibayangkan seperti bisul yang terjadi pada gusi. Biasanya kalau sudah terjadi bisul seperti ini disertai demam dan nafsu makan anak menurun.

Meski kondisi ini tidak fatal namun cukup memberi dampak negatif bagi anak. Infeksi yang terjadi pada gigi susu tersebut dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan gigi tetapnya. Selain itu, gigi susu  yang tanggal sebelum waktunya  dapat menyebabkan posisi pertumbuhan gigi tetapnya kurang baik (berjejal atau keluar dari lengkung rahang), karena gigi susu adalah pedoman bagi pertumbuhan gigi tetap.
Sebisa mungkin anak dibujuk dan diberi pengertian supaya mau diajak ke dokter gigi, dan karena usianya yang masih kecil sebaiknya dibawa ke dokter gigi spesialis gigi anak (Sp.Pedo). Dengan tindakan yang tepat anak Ibu akan cepat sembuh. Demikian penjelasan saya .

Terima Kasih.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar