Sukses

Kaki dan tangan berkeringat

20 Oct 2014, 09:32 WIB
Wanita, 0 tahun.
pagi dok...saya mau menanyakan kenapa kalo dalam keadaan tegang tangan dan kaki saya selalu berkeringat. dalam keadaan biasa ja selalu berkeringat,apalagi kalo megang sesuatu dalam waktu yang lama pasti berkeringat. makasi dok? (Wanita, 24 thn, 158 cm, 48 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Saya mengerti sangat tidak nyaman untuk anda bila telapak tangan dan kaki anda selalu berkeringat.

Mengeluarkan keringat adalah salah satu usaha tubuh untuk meregulasi panas/suhu tubuh. Saat seseorang merasa cemas, stres, atau tegang kerja saraf simpatis akan meningkat. Hal ini kemudian memicu respon simpatis organ-organ tubuh, seperti kelenjar keringat, jantung dan pembuluh darah menimbulkan keluhan berkeringat, terkadang disertai berdebar atau "deg-degan". Keadaan ini masih merupakan hal yang normal.

Pada kasus tertentu, dapat terjadi peningkatan aktivitas saraf simpatis yang berlebihan, yang bermanifestasi menjadi keringat berlebihan pada wajah, tangan, ketiak, kaki, dsb. Keadaan ini disebut hiperhidrosis. Pada kasus anda, keringat berlebih dirasakan terbatas pada telapak tangan dan kaki, sehingga disebut sebagai hiperhidrosis palmaris dan plantaris. Hal ini dapat ditemukan pada 1% populasi dan umumnya diturunkan.

Menurut American Academy of Dermatology, hiperhidrosis palmaris dan plantaris dapat diterapi dengan beberapa cara, antara lain adalah:

  1. Teknik Iontophoresis : Tangan diletakkan di dalam larutan berisi elektrolit dengan elektrik kadar rendah. Dapat efektif untuk kasus ringan.
  2. Suntikan Botulinum tipe A pada daerah yang berkeringat
    • Suntikan ini diberikan untuk mengurangi jumlah keringat
    • Merupakan terapi yang efektif selama 4-8 bulan
    • Suntikan ulang perlu dilakukan lagi di kemudian hari
  3. Obat minum (resep dokter)
    • antikolinergik
    • penghambat beta --> untuk hiperhidorosis yang terjadi karena stres
  4. Operasi: Endoscopic Thoracic Sympathectomy (ETS)
    • Tindakan pemotongan saraf simpatis yang mengalami hiperaktivitas
    • Hanya dilakukan bila cara konvensional tidak berhasil
    • Prosedur ini dilakukan pada hiperhidrosis berat yang gagal dengan pengobatan lainnya

Sebagai tambahan, anda juga dapat melakukan relaksasi, meditasi, dan hipnosis (terutama untuk hiperhidrosis yang terjadi karena stres) serta menggunakan bantalan sepatu untuk hiperhidrosis kaki. Lebih lanjut mengenai hal ini, dapat anda diskusikan bersama dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan terapi yang sesuai dan optimal.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar