Sukses

Gigi retak

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Pria, 14 tahun.
Sakit pada gigi Rahang Bawah kiri Molar 2 siang dok, saya mengalami lubang yang amat besar di gigi saya karena saya mengunyah es batu sehingga gigi saya retak dan rasanya ynilu sekali, saya sudah mencoba berbagai macam cara untuk mengobati rasa sakit pada gigi saya, apakah masih ada cara yang dapat saya lakukan unyuk mengobati gigi saya???( laki-laki, 14 thn,148 cm,140 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Gigi Anda pasti sudah ada lubang sebelum mengunyah es batu dan akhirnya patah/retak. Ngilu yang terasa itu karena retaknya gigi menyebabkan lapisan dentin terbuka, sehingga terasa ngilu kalau ada rangsangan seperti makanan/minuman manis/dingin. Minum obat analgesik (penghilang rasa sakit) memang dapat membantu menghilangkan  keluhan, namun gigi tersebut tidak akan sembuh selama lubang belum ditambal. Walaupun rasa sakit bisa hilang tapi hanya sementara, suatu waktu bisa timbul lagi.

Jadi saran saya, segera kunjungi dokter gigi agar gigi tersebut segera ditambal. Kalau ditunda-tunda nanti lubangnya tambah dalam dan kalau lubang gigi sudah mencapai rongga pulpa rasa sakitnya akan tambah hebat dan tidak bisa ditambal biasa melainkan harus dirawat saluran akar. Untuk sementara sebelum ke dokter gigi, bisa kumur-kumur dengan air garam hangat tapi efeknya hanya untuk meredakan sakit saja bukan untuk menyembuhkan sakit giginya. Jadi harus tetap ke dokter gigi ya.

Terima Kasih

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar