Sukses

Anak susah makan

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
Siang dok,anak saya usia 4 tahun (laki-laki), dulu dapet ASI sampai 2 tahun. sejak usia 6 bulan saya perkenalkan makanan pendamping, baik kemasan maupun yang saya buat sendiri, tetapi anaknya susah makan (tidak mau).Susu formula juga tidak mau, sukanya susu kental manis. Sampai usianya 4 tahun ini,makannya tetap jelek. kalo sekali suka goreng telor,selama 3 hari maunya itu-itu aja makanan yang lain gak mau. trus sekarang doyan es krim, hampir setiap hari makan es krim, selama 4 tahun , hampir tiap bulan kena filek. sekarang berat badannya 15 kg, tinggi 90-an.yang saya ingin tanyakan :
1. Apa komentar dokter tentang keadaan anak saya tersebut.
2. Apa akibat tidak mengkonsumsi susu formula yang katanya banyak gizi tambahannya?
3. Apa terlalu sering makan es krim dapat berbahaya untuk kesehatan anak saya?
Terima kasih (Wanita, 29 thn, 153 cm, 53 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih telah mempercayakan masalah anda pada klikdokter. Saya mengerti anda khawatir dengan kondisi anak anda saat ini. Setelah saya memplot berat badan dan tinggi badan anak anda ke dalam kurva pertumbuhan dan perkembangan NCHS, berat badan anak anda masih berada dalam kisaran normal (11-19 kg). Tinggi badannya saat ini memang berada di bawah kisaran normal (92-108 cm), namun hal ini belum bisa memastikan adanya suatu keadaan yang serius karena bisa juga terjadi sebagai varian normal individu (akibat faktor keturunan) atau kurangnya asupan nutrisi yang diperlukan untuk proses pertumbuhan.

Mengenai konsumsi susu formula, anda tidak perlu khawatir. Seorang anak sangat memerlukan pemenuhan nutrisi yang cukup dari susu adalah ketika anak tersebut belum siap untuk mengonsumsi makanan selain susu. Setelah 6 bulan, ketika anak mulai mengenal makanan pendamping, maka nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan juga bisa didapat dari bahan makanan lain.

Kemudian anda mengeluhkan pola makan anak anda yang itu-itu saja. Cobalah membuat kreasi semenarik mungkin dari bahan makanan anak anda, seperti bentuk beruang, kelinci, dsb. Jangan lupa untuk memberikan anak anda multivitamin yang diperlukan, termasuk vitamin yang dapat menambah nafsu makan seperti curcuma dan minyak ikan. Mengonsumsi es krim terlalu sering tidak memiliki dampak langsung terhadap kesehatan anak, namun tentu saja gizi yang didapatkan tidak sebanding dengan kebutuhan gizi anak anda. Dan bila anak sudah kenyang (dengan es krim), tentu akan semakin sulit menambahkan menu lain untuk melengkapi nutrisinya.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar