Sukses

Sakit kepala terus-menerus

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
Sudah hampir 2 minggu saya mengalami sakit kepala,indikasinya tegang/terkadang nyut2an di diadaerah sepanjang alis/jidat lalu jika menunduk ke atas/ke bawah atau menengok kiri/kanan tegang dan nyut2 tadi sangat terasa.Lalu di sekitar rahang gigijuga tegang. Saya mengalaminya sepanjang hari tidak berhenti hanya mungkin tingkatannya berbeda,jika mulai berpikir keras,mulai terasa berat.Tetapi jika tidur tegangnya berpindah ke belakang kepala,karena mungkin saya rebahkan kepala ke bantal. Indikasi lainnya dok,jika saya tekan lembut sumber sakit di kepala saya (bagian belakang kanan kepala) terasa nyut2 juga,kantung mata saya menghitam dan membesar,lesu,lemah,bibir mengering padahal mulut tidak,susah menelan karena mungkin tegang juga,konsentrasi terganggu dan sering lupa. Saya pernah membaca tentang 'tension headache.Pertanyaan saya: 1.Apakah ini tension headache? 2.Apakah berlangsung berhari2/berminggu2 tanpa berhenti? 3.Apakah berbahaya dok,karena yang saya takutkan jika ditekan di bagian kepala belakang kanan tersa nyut2 juga dan kantung mata yg membesar? 4.Apakah saya harus memeriksa CT-scan atau ke dokter umum/ahli syaraf? Terima Kasih (Pria, 24 thn, 175 cm, 65 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Terimakasih atas pertanyaannya.
Saya dapat memahami kekhawatiran Anda akan sakit kepala yang Anda alami dan keluhan lain yang juga Anda rasakan. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda satu demi satu. Semoga dapat dipahami.

  1. Berdasarkan data yang Anda berikan, Saya menduga kemungkinan besar Anda memang menderita sakit kepala jenis tension headache, atau saat ini lebih sering disebut tension type headache.

  2. Berdasarkan klasifikasi yang ada, tension type headache dapat dibagi menjadi dua, yaitu tipe episodik dan kronik. Pada tipe episodik, nyeri kepala yang dirasakan umumnya berdurasi kurang dari 15 hari dalam sebulan, dengan lama nyeri singkat, berkisar antara 15 menit hingga beberapa jam. Sedangkan pada tipe kronik, umumnya durasi lebih 15 hari dalam sebulan, dengan lama nyeri umumnya dirasakan setiap hari dan terus menerus. Pada seseorang yang sering mengalami tension headache tipe episodik, maka dapat berlanjut menjadi tipe kronik. Pada kasus Anda dimana nyeri kepala baru Anda rasakan 2 minggu terakhir, perlu diperjelas, apakah Anda sebelumnya pernah mengalami sakit kepala seperti saat ini? Apakah dengan obat sakit kepala yang dibeli bebas keluhan membaik? Apakah terdapat mual atau muntah? Apakah Anda takut terhadap cahaya atau suara keras?dsb. Berdasarkan data yang Anda berikan, maka kemungkinan besar Anda masih termasuk kedalam tipe episodik atau tipe tension type headache biasa dan belum termasuk ke dalam tension type headache tipe kronik.

  3. Apabila keluhan yang Anda rasakan sangat berat dan semakin sering, maka perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya serta mendapatkan terapi medis yang sesuai.
  1. Apabila keluhan tidak membaik, dan nyeri yang dirasakan semakins sering atau berat, Saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk memastikan apakah yang menjadi penyebab dan dilakukan pemeriksaan penunjang bila memang diindikasikan.

Berdasarkan cerita Anda bahwa Anda sering merasa merasa cemas dan ketakutan, maka perlu diperjelas apakah Anda selalu merasa seperti itu? Apakah ada saat-saat tertentu dimana Anda merasakan hal tersebut? Apakah yang menjadi pemicu dari hal tersebut? Selain melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis saraf, mungkin juga dapat dilakukan pemeriksaan oleh psikiater untuk mendapatkan terapi yang sesuai jika diperlukan.

Demikian penjelasan Saya. Semoga dapat membantu.(SO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar