Sukses

Ulkus pada mukosa

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 18 tahun.
Sakit pada gigi tidak ada seseorang mengalami keluhan sakit pada gigi depan terutama ketika digunakan untuk makan. Dari hasil penelitian klinis,ditemukan ulkus yang cukup besar pada regio palatal gigi 21 dan 22, padahal tidak ditemukan karies atau karang gigi. Sudah berobat ke puskesmas dan diberikan obat kumur serta antibiotik namun tak kunjung sembuh, sementara orang itu juga tengah menderita kanker payudara sejak 4 bulan lalu dan maih menjalani kemoterapi. Apakah ada hubungan antara ulkus tersebut dengan riwayat kanker payudara??? ( perempuan, 18 thn,165 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Perlu dipertanyakan apakah ulkus tersebut memang timbul setelah pasien menjalani kemoterapi atau sudah ada sebelumnya. Pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi memang sering timbul ulkus pada mukosa, karena obat-obatan yang digunakan pada perawatan tersebut memang bersifat toksik sehingga dapat menimbulkan luka. Luka atau ulkus tersebut terutama terjadi di mukosa dan jarang terjadi di kulit karena lapisan epitel kulit lebih tebal. Ulkus yang terjadi karena dipicu obat-obatan kemoterapi biasanya juga menimbulkan keluhan di lambung karena ulkus juga terjadi di mukosa lambung. Ulkus yang dipicu perawatan kemo biasanya akan sembuh dengan sendirinya bila kemoterapi dihentikan.

Gigi yang terasa sakit saat berkontak dengan gigi lawan (misal saat sedang makan) adalah gejala adanya periodontitis di regio tersebut. Kejadian ini belum tentu berkaitan dengan ulkus di langit2 mulut. Periodontitis dapat disebabkan karena karies yang berlanjut ke daerah ujung akar, atau karena kalkulus. Namun bila pada pemeriksaan tidak ditemukan karies atau kalkulus, berarti perlu ditelusuri penyebabnya. Segera kunjungi dokter gigi Anda untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut. Sebaiknya konsultasikan masalah ulkus tsb ke dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg Sp.PM). Demikian saran saya. 

Terima Kasih

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar