Sukses

Kista indung telur

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dear, Mohon bantuannya. saya wanita, menikah baru 3 bulan, usia 25 tahun pada tahun 2002, saya didiagnosis ada kista di indung telur sebelah kiri sebesar 3,5cm. semenjak itu saya rajin USG, dan setiap tahunnya terjadi pengurangan ukuran. tahun 2007 sekitar november, hasil usg menunjukkan kista saya sebesar 1cm. pemeriksaan usg saya lakukan lagi sekitar bulan agustusan. dan ternyata kista itu masih ada sebesar 3,5cm saya dan suami mencari second opinion. akhirnya ke dokter Prof.dr.Suhatno, SpOG(K), diagnosis dokter menyatakan ada benjolan di indungtelur saya kanan dan kiri, masing2 sebesar tidak lebih dari 3,5cm. tapi dokter Hatno tidak mau menyebut itu kista, karena ukurannya kecil, tidak lebih dari 5 cm. dokter bilang itu hanya sebuah folikel, bukan penyakit jadi nggak perlu dilakukan tindakan operasi. dokter hanya memberikan saya obat ASTHIN FORTE. Yang saya mau tanyakan, kondisi yang saya alami ini sebenarnya apa, dan penyebabkan apa, dan apa fungsi dari asthin forte? Terima kasih atas jawabannya. Tia ( perempuan, 25 thn,155 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

KIsta ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Umumnya kista diikuti oleh gejala lain seperti gangguan menstuasi, nyeri perut bawah, mual, dll.

Kista yang fungsional atau normal terdiri atas :

  • Kista folikular
  • Kista korpus luteum
  • Kista hemoragik

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Sedangkan kista yang abnormal dapat terdiri atas :

  • Kista dermoid. Dapat tumbuh sampai sebesar 15 cm dan terkadang mengandung rambut, gigi
  • Kistadenoma
  • Endometrioma
  • Kista Multipel (PCOS)

Berdasarkan data yang Anda berikan, saya perkirakan bahwa ini adalah kista fungsional, dapat berjenis folikular atau korpus luteum. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan memang memerlukan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak akan diperlukan terapi apapun. Asthin Force merupakan antioksidan yang berguna untuk mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar