Sukses

Sesak nafas

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 21 tahun.
pagi dok, dok saya mau tanya kanpa akhir2 ini setiap saya tidur dan terbangun tengah malam itu saya susah nafas, di dada saya terasa sesak. dan kalo misalnya lagi kerja dgn tergesa-gesa awalnya tidak terasa capek tpi habis itu di dada saya terasa sesak dan susah untuk nafas. apa itu salah satu tanda awal sakit sesak nafas ato asma??? kira2 tanda2 itu bahaya gak pada diri saya??? tolong jawaban secepatnya, terima kasih dok.( perempuan, 21 thn,155 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Sesak napas umumnya disebabkan oleh gangguan dari paru-paru (saluran pernapasan bawah) atau jantung, bisa juga disebabkan oleh penyebab lain seperti  anemia, alergi atau asma (penyempitan saluran napas). Dari sedikitnya informasi yang Anda berikan, sesak napas di malam hari dan di kala beraktivitas dapat mengarah ke gangguan paru atau jantung. Adakah gejala lain yang Anda alami, seperti :
  • Membutuhkan bantal tinggi untuk tidur atau terasa sesak bila tidur telentang?
  • Jari-jari Anda atau bibir Anda sering membiru?
  • Anda sering pingsan?
  • Napas Anda berbunyi 'ngik-ngik'?
  • Ada riwayat sakit jantung, asma, atau sakit paru di keluarga Anda?
Saya sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan secara holistik dengan tambahan pemeriksaan fisik dan penunjang. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar