Sukses

Mahkota gigi

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 27 tahun.
Sore dokter, Saya ingin menanyakan soal gigi no. 11 saya yang di crown. Sekarang crown tersebut telah terpasang (porcelein) namun warna nya kurang pas dengan gigi yang disebelah kanan dan kiri nya. Apakah solusi yang harus lakukan dok? bleaching semua gigi depan ? atau melakukan pencetakan crown baru ? fyi dok crown ini dilakukan 2 hari yang lalu. atau mungkin dokter ada referensi dokter gigi yang khusus menangani soal gigi di crown/cap ? terimakasih dokter( perempuan, 27 thn,165 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Penentuan warna crown/mahkota tiruan seharusnya menggunakan "shade guide" agar mendapatkan kombinasi warna yg semirip mungkin dengan gigi tetangganya, namun terkadang warna yg betul2 pas memang sulit didapat.

Namun demikian, meski telah terlanjur dipasang saya tetap ingin menginformasikan pada Anda bahwa sebagai pasien Anda berhak melayangkan keberatan jika hasil perawatan jauh dari harapan dan tidak memenuhi ekspektasi Anda. Jadi sebetulnya pada saat crown sudah jadi dan dicobakan ke gigi, crown sebaiknya dicoba dulu dan dilihat di bawah sinar matahari, bukan di bawah penerangan lampu dental unit supaya kelihatan secara alami apakah warna crown sudah selaras dengan gigi tetangganya. Jika ternyata tidak sesuai, gigi masih dapat dikembalikan ke tehniker gigi yang mengerjakan crown tersebut di laboratorium selama crown belum disemen, setelah warna crown ditentukan kembali.

Saya tidak menyarankan bleaching, karena bisa jadi warna crown malah tambah kontras dengan gigi tetangga yg sudah dibleaching. Ada dua kemungkinan yg paling realistis, yaitu pertama Anda memang harus adaptasi. Mungkin karena belum terbiasa maka crown terlihat asing dan aneh karena lain dgn gigi
tetangga.

Tapi kalau memang benar-benar tidak bisa ditoleransi, sebaiknya memang crown tersebut diganti. Apalagi gigi tersebut gigi depan. Perawatan gigi tiruan idealnya dikerjakan oleh dokter gigi spesialis prosthodonti (bergelar SpPros) yang biasanya berpraktek di rumah sakit atau klinik dokter gigi spesialis. Demikian jawaban saya.

Terima Kasih

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar