Sukses

Periodontitis
20 Oct 2014, 09:30 WIB
Pria, 44 tahun.
Sakit pada gigi Rahang Atas Kanan Molar 3; Rahang Atas Kiri Molar 3; Rahang Atas Kanan Molar 2 Bagaimana cara mengatasi giigi geraham atas kiri kanan yang goyang, dan sering sakit kalau makan makanan yang agak keras. Terima kasih( laki-laki, 44 thn,160 cm,62 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Sebagian besar kegoyangan gigi pada orang dewasa disebabkan karena penyakit pada jaringan pendukung gusi yaitu peradangan pada jaringan periodontal (dalam bahasa kedokteran disebut periodontitis). Periodontitis disebabkan karena infeksi bakteri, dan biasanya diawali oleh akumulasi karang gigi yang merupakan tempat berkembang biaknya bakteri. Dalam keadaan lanjut, bila tidak dirawat periodontitis menyebabkan kerusakan gusi dan tulang, di mana perlekatan gusi ke tulang menjadi rusak dan ketebalan tulang menjadi berkurang. Akibatnya lama kelamaan gigi menjadi goyang karena jaringan pendukungnya rusak.

Bila kegoyangan gigi Anda memang diakibatkan periodontitis (apalagi kalau memang karang gigi Anda banyak), yang pertama harus dilakukan adalah pembersihan  karang gigi secara menyeluruh. Jika sudah terjadi poket yang dalam pada gusi Anda, maka harus dilakukan kuretase dan penghalusan akar. Terapi ini -jika dibarengi dengan penjagaan kebersihan gigi dan mulut- dan pemberian resep antibiotik oleh dokter gigi dapat memperbaiki keadaan tulang Anda sehingga kegoyangan gigi berkurang. Pada kegoyangan sudah parah, harus dibantu dengan pemasangan splint periodontal untuk menjaga posisi gigi dan tidak goyang saat digunakan untuk mengunyah. Biasanya pemasangan splint butuh waktu +/- 2 minggu. Semoga lekas sembuh.

Terima Kasih

Drg.Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar