Sukses

Masa subur wanita

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok, untuk mengetahui masa subur seorang wanita itu berapa hari sebelum haid dan waktu dari masa subur itu berapa lama??? benar ga sih mitos masyarakat bahwa wanita yang sudah haid itu belum tentu subur (mandul)..trims dok (Jenis Kelamin = Wanita, 22 thn, 175 cm, 50 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Untuk mengetahui masa subur akan tergantung dari siklus menstruasi bulanan. Siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Masa subur berada pada 14 hari sebelum hari pertama haid sebelumnya. Namun perlu diperhatikan bahwa perhitungan ini hanya berlaku apabila siklus menstruasi normal sesuai dengan definisi diatas. Perhitungan siklus diambil rata-rata selama 6 bulan.

Sel Telur mampu bertahan selama 24 jam di saluran tuba, sedangkan sel sperma mampu bertahan selama 24-48 jam di saluran reproduksi wanita. Jadi Anda memiliki waktu 3 hari untuk berlangsungnya pembuahan, yaitu 2 hari sebelum ovulasi dan 1 hari sesudah ovulasi.

Hal yang Anda katakan itu bukanlah mitos. Kesuburan seorang wanita ditentukan oleh banyak hal, dari hormonal, alat reproduksi, dll. Jadi apabila seorang wanita menstruasi belum tentu selalu subur. Namun persentase pasangan yang infertil atau tidak subur hanya mencapai 10-15% dari semua pasangan. Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar