Sukses

Gatal di seluruh tubuh

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 32 tahun.
Dokter sy mau tanya, anak sy laki2 usia 2 tahun waktu 1 bulan yang lalu kena penyakit kulit sejenis cacar,,tapi kata dokter itu bukan cacar tapi kena virus, dikasih salep Cinolon sama cairan Nacl untuk kompres nya. setelah 1 minggu alhamdulillah sembuh,,tp setelah penyakit itu sembuh malah muncul penyakit kulit lainnya yaitu sejenis keringet buntet tapi besar dan diarea seluruh badan. tapi tidak bernanah [seperti buduk klo kt orang sunda bilang]. klo muncul gatalnya anak saya sampe menangis2 dokter. tolong dokter obat apa yg bisa menghilangkan penyakit itu. terimakasih. [anak sy alergen ikan laut]( perempuan, 32 thn,155 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudara yang terhormat,

Terima kasih Ibu sudah melakukan ekonsultasi klikdokter. Sayang data yang Ibu berikan kurang lengkap mengenai gatal yang diderita anak Ibu sekarang. Mungkin saya dapat memberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut :

  1. Kapan tepatnya gatal serupa keringat buntet ini terjadi?
  2. Apakah sebelumnya pernah gatal seperti ini?
  3. Apakah sebelum gatal terjadi anak Ibu makan ikan laut atau makanan lain yang menyebabkan alergi?
  4. Apakah gatal semakin bertambah dengan keringat?
  5. Apakah Ibu sudah memberikan obat pada anak Ibu? bila sudah, apakah ada perubahan?
  6. Tolong dideskripsikan lebih lengkap mengenai bentuk gatal tersebut, warna, lokasi, ada matanya atau tidak, ukuran,dll (selengkap mungkin)

Berdasarkan data yang Ibu berikan, saya mengasumsikan bahwa gatal tersebut seperti bentol yang tersebar di seluruh tubuh, tidak memiliki mata, dan seperti layaknya bentol bila digigit nyamuk, benar Ibu? Apabila memang seperti ini, mungkin saja ini adalah manifestasi alergi dari pencetus. Diperlukan timeline untuk mengetahui apakah benar ini alergi atau tidak. Alergi dapat diatasi dengan obat antihistamin.

Dengan data yang Ibu berikan, saya belum bisa menyimpulkan kelainan seperti apa yang anak Ibu alami. Sebaiknya Ibu melengkapi pertanyaan saya diatas dan berkonsultasi kembali. Atau Ibu dapat langsung berkonsultasi ke dokter spesialis anak. Sekian. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar