Sukses

Penjelasan hernia

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
Saya mau tanya dok, pacar saya pernah operasi hernia. Yang ingin saya tau hernia itu apa sih dok?kalau pernah operasi hernia ada kemungkinan kambuh lagi ngk dok?minta penjelasan sejelas-jelasnya tentang apa itu penyakit hernia, bagaimana gejalanya, apa yang harus dihindari. trims dok. (Pria, 26 thn, 164 cm, 54 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Saya mengerti kekhawatiran anda akan riwayat hernia pada pacar anda, membuat anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai seluk-beluk hernia.

Dalam keseharian, hernia lebih dikenal dengan istilah? turun bero?, yaitu penonjolan isi suatu rongga melalui bagian yang lemah dari dinding rongga bersangkutan. Hernia bisa terjadi pada beberapa tempat, antara lain lipat paha, buah zakar, pusar hingga otak. Sayang sekali anda tidak menyebutkan lokasi hernia pada pacar anda. Sebagai contoh, kita sebut saja hernia inguinalis (hernia pada lipat paha) yang paling banyak ditemukan.

Penyebab hernia inguinalis hingga saat ini masih belum dapat dimengerti dengan sempurna. Namun yang menjadi prinsip terjadinya hernia inguinalis adalah akibat peninggian tekanan di dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut (umumnya karena usia). Oleh karena itu, terdapat beberapa keadaan yang diyakini dapat menyebabkan terjadinya hernia, yaitu:

- Mengangkat beban yang terlalu berat
- Batuk kronis / lama (misal pada tuberkulosis paru)
- Kegemukan
- Mengedan (misal buang air besar keras, sulit buang air kecil karena
  pembesaran prostat, dsb)
- Kehamilan
- Asites (penumpukan cairan abnormal di dalam rongga perut)
- Aktifitas fisik yang berlebihan

Jika kita ingin berhasil dalam menangani hernia, ada dua hal yang perlu diperhatikan:

1. penanganan semua faktor yang mempengaruhi terjadinya hernia, termasuk
    keadaan-keadaan yang disebutkan di atas
2. celah yang ada diperbaiki secara maksimal

Tidak menutup kemungkinan hernia yang telah dioperasi dapat timbul kembali (rekuren). Hernia yang berulang dalam hitungan bulan atau tahun biasanya menandakan perbaikan celah yang tidak sempurna. Rekurensi dalam 2 tahun lebih biasanya terjadi akibat perlemahan dinding perut kita sendiri (umumnya karena usia). Sedangkan rekurensi yang terjadi setelah perbaikan yang benar dan dilakukan oleh dokter bedah berpengalaman biasanya terjadi akibat kelainan pada pembentukan kolagen pada tubuh kita sendiri.

Lebih lanjut mengenai hal ini dapat anda baca pada indeks penyakit kami kategori bedah "hernia", atau dengan mengklik link berikut:

https://www.klikdokter.com/illness/detail/74

Apabila masih ada yang membingungkan, boleh menghubungi saya kembali melalui e-konsultasi.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar