Sukses

Daging dalam rongga hidung

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
Pagi Dok..? saya mau menanyakan,kenapa hidung saya makin lama makin parah apalagi kalo malam hari, terasa di dalam rongga hidung kiri saya terdapat daging yang menyebabkan saya sulit untuk bernafas. Yang anehnya rongga hidung sebelah kanan walaupun tersumbat tidak terdapat daging. Apakah ini termasuk sinus dok..? Terima kasih....(Wanita, 24 thn, 158 cm, 47 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Saya mengerti sangat tidak nyaman bagi anda harus terus-menerus merasakan kesulitan bernafas akibat hidung tersumbat. Idealnya diperlukan pemeriksaan fisik langsung ataupun penunjang untuk memastikan penyebab keluhan anda, namun saya menduga daging yang anda maksud merupakan suatu polip hidung.

Polip hidung adalah suatu pertumbuhan dari membran mukosa yang meradang dalam rongga sinus ataupun saluran hidung. Polip ini dapat membesar hingga menutupi rongga sinus dan saluran pernapasan.

Pada kasus anda, dimana keluhan dirasakan lebih parah saat malam hari, yaitu saat suhu udara turun, saya menduga bahwa mungkin anda memiliki kecenderungan alergi terhadap udara dingin, yang kemudian mencetuskan keluhan anda. Hal ini juga dapat dilihat dari keluhan sumbatan pada kedua lubang hidung anda, padahal tidak terlihat daging yang menyumbat. Sebelum memberikan penjelasan lebih lanjut, saya ingin melakukan konfirmasi.

"Bagaimanakah gambaran lengkap dari daging yang anda lihat?"
- apakah berwarna jernih atau coklat kemerahan?
- apakah kenyal atau keras?
- pernahkah timbul mimisan akibat daging yang berdarah?

"Apakah ada keluhan lain yang menyertai?"
- sakit kepala ?
- nyeri pada kedua pipi di bawah mata?
- terasa cairan melewati tenggorokan?
- dsb..

Polip hidung dapat mendahului ataupun menjadi penyebab sinusitis. Bila anda juga merasakan keluhan-keluhan di atas, maka sangat mungkin anda juga menderita sinusitis yang sekaligus menjadi penyebab terjadinya pertumbuhan daging pada rongga hidung kiri anda.

Terapi umumnya dilakukan dengan steroid dan beberapa pengobatan lain (atas indikasi), namun mengingat daging tersebut dapat anda lihat dengan mudah (terkait ukuran dagingnya), mungkin diperlukan terapi kombinasi pembedahan dan obat-obatan untuk mengangkat polip sekaligus mencegahnya berulang.

Yang saya kemukakan saat ini hanyalah dugaan, saran saya sebaiknya anda segera mendatangi dokter spesialis THT untuk memastikannya. Terapi dini dan sesuai tentunya akan mendatangkan hasil yang lebih optimal.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar