Sukses

Masa subur pria ?

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Pria, 26 tahun.
SELAMAT PAGI DOK.DOK KALAU PEREMPUAN KAN ADA MASA SUBURNYA KAN.KALAU MASA SUBUR LAKI-LAKI KAPAN DOK?( laki-laki, 26 thn,164 cm,75 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Terimakasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Untuk menjawab pertanyaan anda, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai siklus menstruasi dan hubungannya dengan masa subur wanita. 

Pada wanita, terjadi sebuah siklus hormonal yang bermanifestasi sebagai siklus menstruasi. Pada setiap siklusnya, hanya akan diproduksi satu sel telur matang, yang akan dilepaskan dari kandung telur 14 hari setelah datang bulan (menstruasi). Dengan dilepasnya sel telur, maka kemungkinan terjadinya pembuahan oleh sperma menjadi lebih besar. Sejak sel telur dilepaskan hingga timbul menstruasi inilah yang kemudian disebut sebagai masa subur. Masa subur sendiri ditentukan sebagai panduan waktu bagi pasangan untuk melakukan hubungan seksual.

Berbeda dengan wanita, organ reproduksi pria dapat menghasilkan sperma mencapai 12 miliar setiap bulannya. Saat ejakulasi, dilepaskan sekitar 20 juta sperma per mililiter cairan ejakulat. Dan dari 20 juta sperma tersebut, hanya 200 yang dapat mencapai sel telur, hingga pada akhirnya hanya satu sperma yang dibutuhkan untuk membuahi sel telur.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa pria tidak memiliki masa subur. Yang lebih penting bagi pria adalah  kuantitas (jumlah), kualitas (mutu, bentuk) dan motilitas (keaktifan, pergerakan) sperma yang dihasilkan. Beberapa tips yang dapat anda lakukan adalah:

- konsumsi vitamin dan mineral cukup, terutama yang mengandung antioksidan

- kurangi stres

- biasakan olahraga teratur

- jaga berat badan tetap ideal

- hindari rokok, alkohol, racun

- hindari kebiasaan yang dapat meningkatkan suhu pada buah zakar anda

  (misal: mandi atau berendam air hangat bersuhu >= 40 derajat Celcius selama > 30 menit)

- dsb...

Diharapkan dengan mengamalkan tips-tips di atas dapat mengoptimalkan baik kualitas, kuantitas, dan motilitas sperma yang dihasilkan.

Sebagai tambahan, sejak dikeluarkan bersama cairan ejakulat, sperma masih dapat bertahan hidup selama 12-48 jam dalam rahim wanita, sehingga mengombinasikan waktu ini dengan masa subur wanita diharapkan dapat meningkatkan risiko terjadinya pembuahan.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat dipahami. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar