Sukses

Batuk-pilek berulang

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Pria, 1 tahun.
pagi dokter, anak saya sudah hampir satu bulan batuk & pilek, terutama kalau malam batuk berdahak & akhirnya muntah, saya sudah search cara penanggulangan agar dahak nya cepat encer & keluar ( dari mulai obat dari dokter, 3 kali ke dokter ) sudah saya oles kan transfulmin setiap cuaca dingin & ketika mo tidur, 2 hari ini saya jemur jam 6.30 - 7.00 telanjang dada, tapi belum sembuh juga, apakah karena porsi makan anak saya jelek ( jarang makan makanan padat, kalau mau makan paling cuma 3 - 5 sendok teh) , hingga imun tubuh nya ngak bagus, mohon pencerahannya mengingat belum sembuh2 juga.. adakah indikasi penyakit lainnya..?( laki-laki, 1 thn,52 cm,10 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang terhormat,

Mengingat penyakit ini sudah berlangsung selama 1 bulan dan Bapak sudah berulang kali berobat ke dokter anak, saya memiliki beberapa pertanyaan :

  1. Apa menurut dokter diagnosis penyakit anak Bapak?
  2. Apakah Bapak berobat ke dokter anak yang sama?
  3. Apakah pernah dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan roentgen dada?
  4. Apakah ada di lingkungan sekitar anak Bapak yang memiliki sakit batuk lama atau flek paru?
  5. Apakah di keluarga Bapak atau Ibu ada yang memiliki alergi atau asma?

Batuk-pilek tidak sembuh-sembuh dan terutama terjadi di waktu malam dapat mengindikasikan adanya alergi atau asma pada anak Bapak. Alergi ini akan terus terjadi apabila pencetus tidak dihilangkan. Pencetus dapat berupa dingin, debu, makanan, dll. Asma juga dapat bermanifestasi sama. Asma pun akan kambuh karena ada pencetusnya, seperti debu, bulu binatang, dingin, dll. Hal ini ditunjang apabila dari keluarga memiliki riwayat alergi/asma. Untuk anak dengan alergi, dapat dilakukan tes alergi untuk mengetahui secara pasti penyebab dari alergi tersebut.

Selain itu, pemeriksaan roetgen dada juga diperlukan untuk menunjang kemungkinan penyakit lain yaitu tuberkulosis. Pada anak, diagnosis tuberkulosis juga ditunjang dengan penyebab lain seperti demam dan berat badan yang tidak naik-naik. Pemeriksaan tes mantoux dapat dilakukan pada anak dengan kecurigaan TBC.

Imunitas tubuh yang tidak baik akibat asupan nutrisi yang kurang memang dapat memperlama proses penyembuhan. Saran saya sebaiknya Bapak berobat ke satu dokter anak yang Bapak percaya dan terus kontrol dengannya agar penyakit anak Bapak dapat dievaluasi secara holistik. Bapak dapat membaca lebih jelas artikel kami mengenai TBC, rinitis alergi, dan asma pada anak di Indeks Penyakit kami subbagian Anak. Sekian penjelasan dari saya, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar