Sukses

Bahaya sinusitis

20 Oct 2014, 11:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Saya menderita sinus. Bila cuaca dingin, saya merasakan hidung saya seperti ada ingus dan berbau, tapi tidak bisa dikeluarkan. Bahkan hampir setiap malam, suara saya bindeng. Namun kembali normal pada pagi hari. Apabila saya berobat, dokter biasanya hanya meresepkan antibiotik (saya tidak pernah memperhatikan jenisnya). Namun sinus saya akan kembali bermasalah lagi apabila udara dingin. Apakah penyakit sinusitis berbahaya jika tidak diobati secara serius? (Wanita, 26 thn, 168 cm, 58 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi).

Anda mengatakan bahwa keluhan sinusitis Anda timbul setiap kali Anda terpajan dengan udara / cuaca dingin. Dari sini dapat diketahui bahwa alergi merupakan salah satu faktor yang mencetuskan keluhan sinusitis Anda. Yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari faktor-faktor yang dapat mencetuskan keluhan alergi Anda, dalam hal ini adalah udara dingin. Terapi medis yang dapat diberikan antara lain adalah antihistamin, steroid, dan pelega hidung / dekongestan (dengan pengawasan dokter).

Seperti yang Saya katakan sebelumnya, penumpukan cairan dalam rongga sinus merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman. Awalnya keluhan sinusitis Anda timbul sebagai respon alergi terhadap udara / cuaca dingin, kemudian timbul infeksi pada cairan sinusnya sehingga menimbulkan bau dan warna kuning kehijauan. Dalam perjalanannya, apabila tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Hindari suhu dingin dan faktor-faktor lain yang dapat memicu keluhan sinusitis Anda. Demikian penjelasan Saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar