Sukses

Siklus menstruasi normal

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 44 tahun.
dokter yang baik....saya mempunyai seorang anak perempuan sekarang usianya sudah 17 th. dia mendapatkan mentruasi I pada usia 14 tahun. datang bulannya pun tidak teratur kadang 2 bulan sekali , 3 bulan sekali bahkan sekarang bisa 5 bulan sekali. tidak ada keluhan dengan perutnya dan mens nyapun normal selama 7 ato 8 hari. yang ingin saya tanyakan : 1.apakah itu siklus yang normal ? 2. berbahayakah bagi keshatannya dia nantinya ? 3.bagaimana caranya supaya menstruasinya normal tiap bulan ? 4. bisakah punya anak nantinya ? terima kasih... ( perempuan, 44 thn,164 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan Ibu.

1.Apakah itu siklus yang normal ?

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari (2-4 pembalut sehari). Jadi apabila saat ini anak Ibu mengalami siklus lebih dari rentang waktu 21-35 hari, maka siklus tersebut bukanlah siklus menstruasi normal. Penelitian menunjukkan wanita dengan siklus mentruasi normal hanya terdapat pada 2/3 wanita dewasa, sedangkan pada usia reproduksi yang ekstrim (setelah menarche <pertama kali terjadinya menstruasi> dan menopause) lebih banyak mengalami siklus yang tidak teratur atau siklus yang tidak mengandung sel telur.


2. Berbahayakah bagi kesehatannya dia nantinya ?

Gangguan sikllus menstruasi dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah stres, mioma, endometrium, NOK,  gangguan hormonal, dll. Tergantung penyebabnya, seperti mioma atau endometrium, komplikasi yang terjadi diantaranya adalah gangguan fertilitas atau kesuburan. Pada wanita muda, paling banyak gangguan siklus menstruasi disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal. Apabila siklus menstruasi baru terjadi setelah 5 bulan, maka anak Ibu mengalami amenorea sekunder  (tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus) yang dapat terjadi akibat : 

  • Stress dan depresi

  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas

  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis

  • Gangguan indung telur

  • Obat-obatan

  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

3. Bagaimana caranya supaya menstruasinya normal tiap bulan ?

Terapi akan tergantung dari penyebabnya. Saya sarankan Ibu membawa anak Ibu untuk berkonsultasi ke dokter kebidanan dan kandungan agar dapat dievaluasi lebih lanjut


4. Bisakah punya anak nantinya ?

Apabila organ reproduksi anak Ibu tidak bermasalah, siklus menstruasinya menghasilkan sel telur maka kemungkinan anak Ibu tetap dapat hamil meskipun menstruasinya tidak teratur

Ibu

dapat membaca artikel kami mengenai fisiologi menstruasi di https://www.klikdokter.com/illness/detail/171. Semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar