Sukses

Rahim bergeser

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 34 tahun.
Dokter, Sudah kira2 1 tahun saya mengalami nyeri dipinggang sebelah kiri yg menuju kearah punggung. Awalnya saya mencurigai ada keluhan di ginjal krn selama bekerja saya akui saya kurang minum. Tapi saya juga mencoba ke dokter kandungan, menurut mereka rahim saya bersih. Saya sudah mempunyai 1 orang anak berusia 5.5 thn dan melahirkan lewat jalur caesar. Setelah di USG, rahim saya menjorok ke arah belakang kiri. Mereka juga tidak dapat menerangkan kenapa sebab rahim saya bisa bergeser. Yg saya tanyakan, benarkah rahim bisa bergeser sehingga saya bisa dikategorikan tidak subur? Mens saya teratur tetapi keluar dalam jumlah yg sedikit dan hanya berkisar 3-4 hari. Sesudah hari ke 12 setelah mens 1, biasanya keluar flek2 coklat. Apa yg saya harus lakukan dok? Terima kasih( perempuan, 34 thn,155 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Rahim atau uterus adalah bagian dari sistim reproduksi wanita yang memilliki fungsi utama sebagai implantasi atau tempat pertumbuhan janin. Rahim berlokasi di rongga panggul bagian dorsal atau belakang dan terkadang rostral terhadap kandung kemih dan ventral (di depan) dari rektum. Apabila tidak hamil, rahim hanya berdiameter beberapa cm dan berbentuk seperti buah pir. Posisi rahim digantung atau disuport oleh beberapa ligamen, diantaranya adalah ligamen peritonium yaitu ligamen uterosakral dan ligamen kardinal. Ligamen ini mencegah rahim bergeser.

Posisi normal rahim sehari-hari adalah antefleksi dan anteversi. Antefleksi adalah posisi fundus (bagian paling atas dari rahim) condong ke arah depan. Sedangkan anteversi berarti sedikit naik ke depan. Rahim memang dapat bergeser, seperti di dalam penyakir prolaps uteri dimana rahim bergeser masuk ke vagina. Rahim berada di tempat yang semestinya dengan bantuan dari ligamen sebagai stabilizer. Bila terdapat permasalahan dari ligamen, mungkin saja rahim bergeser.

Selama pergeseran rahim tidak mengganggu proses fertilisasi dan implantasi (perlekatan) maka tidak akan ada masalah kesuburan. Mungkin saja flek coklat tersebut adalah keputihan yang berwarna coklat kekuningan. Flek coklat pada waktu itu juga mungkin merupakan tanpa implantasi embrio yang baru terbentuk. Saran saya jaga kebersihan kemaluan Anda dan hindari lembab. Apabila keluhan tidak berkurang, saya sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan. Semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar