Sukses

Makanan untuk anak

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
halo dok, tgl 5 nov ini bayi saya memasuki usia 6 bulan. beratnya 8,3 kg pjg 67 cm. sejak 3 bulan sudah saya kenalkan dengan mknn tambahan berupa bubur susu dan pisang yg dihaluskan. yg mau saya tanyakan,
1.apa 6 bulan ini sudah boleh diberikan telur, ayam atau ati yg dihaluskan?
2. selain dari itu, makanan apa saja yang baik untuk gizi nya? perlu tidak diberi vitamin tambahan seperti prolacta DHA for baby? sebab asi sy sejak 3 bulan tidak lancar.
3. buah apa yang diperbolehkan dan baik bagi bayi dok? saya baca dengar buah tomat baru keluar vitaminnya apabila direbus dulu, apa benar dok?
4. perlukah buah2an/sayur yang akan diblender untuk makanan bayi dicuci menggunakan air panas/ sabun agar bakterinya hilang? atau lebih baik semua disajikan dalam keadaan matang?
5. apa betul bayi setiap hari sebaiknya diberi sesendok kopi agar menghindari steup/kejang2? 6. apa betul tidur tengkurap pada bayi dibawah 6 bulan dapat mengganggu pertumbuhan tulang dadanya? tks sebelumya dok. (Wanita, 29 thn, 163 cm, 57 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terima ksih atas kepercayaan yang Ibu berikan ke e-konsultasi klikdokter. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan yang Ibu berikan.

1.Telur, ayam, ati yang dihaluskan sejak usia 6 bulan?

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, dengan manajemen laktasi yang baik, produksi ASI dinyatakan cukup sebagai makanan tunggal untuk pertumbuhan bayi yang normal sampai usia enam bulan. Selain itu, pemberian ASI eksklusif hingga enam bulan ini dapat melindungi bayi dari risiko terkena infeksi saluran pencernaan.

Setelah enam bulan, pemberian ASI saja hanya memenuhi sekitar 60-70% kebutuhan bayi. Dengan kata lain, selain ASI, bayi membutuhkan makanan pendamping ASI (MP-ASI). Selain itu, bila MP-ASI tidak segera diberikan, masa kritis untuk mengenalkan makanan padat yang memerlukan keterampilan mengunyah (6-7 bulan) dikhawatirkan akan terlewati. Bila ini terjadi, di kemudian hari bayi akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan, atau akan menolak makan bila diberi makanan padat.

Pemberian makanan padat pertama bayi sebaiknya dilakukan bertahap. Mula-mula, beri bayi makanan yang lumat dan cair, misalnya bubur susu atau bubur/sari buah (pisang, pepaya, jeruk manis). Secara bertahap, makanan bayi dapat lebih kasar dan padat. Selanjutnya bayi dapat diberikan nasi tim saring lengkap gizi. Memasuki usia delapan bulan sampai satu tahun, bayi mulai bisa diberi makanan yang hanya dicincang. Mengingat Ibu sudah memberikan bubur susu dan pisang sejak usia 3 bulan, maka tahapan berikutnya dapat berikan tim saring.

Untuk permulaan, bayi sebaiknya diperkenalkan satu per satu jenis makanan sampai ia mengenalnya dengan baik. Tunggulah paling tidak empat hari sebelum Ibu memperkenalkan jenis makanan yang lain. Selain bayi akan benar-benar mengenal dan dapat menerima jenis makanan yang baru, Ibu bisa mengetahui ada tidaknya reaksi alergi pada bayi. Jadi untuk pertama kali Ibu dapat memberikan tim saring ayam, lalu bila tidak ada masalah, selama waktu 4-5 hari Ibu dapat memberikan tim saring ayam dan ati, dan segitu seterusnya.

Urutan pemberian makanan pendamping ASI biasanya buah-buahan, tepung-tepungan, lalu sayuran. Daging, ikan dan telur umumnya diberikan setelah bayi berumur enam bulan. Bila bayi menujukkan gejala alergi, telur baru diberikan setelah usianya satu tahun.


2. Perlu tidak diberi vitamin tambahan seperti prolacta DHA?

Beberapa studi menunjukkan bahwa DHA dan ARA aman untuk dikonsumsi, beberapa bahkan menunjukkan manfaatnya terhadap fungsi penglihatan dan/atau perkembangan perilaku dan kognitif anak. Bagaimanapun, masih terdapat beberapa studi yang tidak menunjukkan manfaat, bahkan dapat timbul efek samping berupa muntah dan diare. Meskipun penambahannya pada susu formula telah disetujui oleh Food and Drug Association (FDA), American Academy of Paediatrics belum merekomendasikannya. Intinya adalah apabila ASI dan MP-ASI Ibu berikan dengan memperhatikan gizi yang dibutuhkan oleh bayi (karbohidrat, protein, mineral (misalnya zat besi) dan vitamin (terutama vitamin C, B1 dan niasin), maka tidak perlu adanya vitamin tambahan. Tentu saja diperlukan evaluasi tumbuh-kembang bayi setiap bulannya untuk memastikan asupan gizi dan peningkatan berat badan sesuai dengan kurva normal.

3. buah apa yang diperbolehkan dan baik bagi bayi? saya dengar buah tomat baru keluar vitaminnya apabila direbus dulu?

Semua buah baik untuk bayi, beberapa yang banyak mengandung vitamin untuk bayi adalah jeruk, tomat, pepaya, dan pisang. Tomat tidak perlu direbus terlebih dahulu untuk keluar vitaminnya.

4. perlukah buah2an/sayur yang akan diblender untuk makanan bayi dicuci menggunakan air panas/ sabun agar bakterinya hilang? atau lebih baik semua disajikan dalam keadaan matang?

Intinya adalah cuci makanan yang akan diberikan untuk bayi dengan air bersih yang mengalir. Tidak perlu dengan air panas atau sabun. Yang paling penting juga adalah menjaga kebersihan dalam memberikan makanan ke bayi. Makanan untuk bayi memang lebih baik matang karena lebih rentannya bayi terhadap kuman yang banyak terdapat di makanan mentah

5. apa betul bayi setiap hari sebaiknya diberi sesendok kopi agar menghindari
steup/kejang2?

Belum ada penelitian mengenai hal tersebut dan tidak ada kaitan antara kopi dengan kejang pada bayi. Ini adalah mitos yang banyak beredar di masyarakat

6. apa betul tidur tengkurap pada bayi dibawah 6 bulan dapat mengganggu pertumbuhan tulang dadanya?

Tidur tengkurap pada bayi dicurigai meningkatkan risiko terjadinya SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), salah satu penyebab kematian bayi tersering di negara maju. SIDS merupakan kematian tiba-tiba pada bayi yang tampak sehat sebelumnya, tanpa ada penyebab atau penyakit yang jelas berdasarkan riwayat kesehatan dan otopsi. Salah satu faktor risiko yang telah lama diteliti adalah posisi tidur tengkurap pada bayi. Tidur tengkurap tidak akan mengganggu pertumbuhan tulang dada.

Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar