Sukses

Kulit kering di kepala

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
dok,saya mau tanya kulit kepala saya sering gatal2 dan kering seperti ketombe.tetapi bukan ketombe saya sudah pake shampoh bermacam2 tapi tidak sembuh (Pria, 26 thn, 171 cm, 48 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Mungkin saja gangguan atau kering di kepala Anda merupakan pertanda penyakit psoriasis atau dermatitis seboroik. Kedua penyakit ini merupakan penyakit peradangan kulit baik kulit kepala, wajah, atau bagian tubuh lainnya, yang disertai dengan sisik.

Dermatitis seboroik merupakan kelainan kulit atau peradangan (inflamasi) di mana telah terbukti adanya peran kolonisasi jamur Malassezia pada kulit yang terkena. Dermatitis seboroik merupakan kelainan kulit yang berlangsung kronik dan kambuhan. Dermatitis seboroik ditandai dengan kemerahan, gatal, dan kulit bersisik, paling sering mengenai kulit kepala (ketombe), tetapi juga dapat mengenai kulit pada bagian tubuh lainnya seperti wajah, dada, lipatan lutut, lengan dan lipat paha.

Psoriasis ialah sejenis penyakit kulit dimana penderita mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Kemunculan penyakit ini terkadang untuk jangka waktu lama atau timbul/hilang. Psoriasis dapat terjadi di kepala, atau seluruh tubuh.

Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Pada dermatitis seboroik umumnya akan digunakan sampo berisi ketokonazole dan turunannya, sedangkan pada psoriasis dapat digunakan preparat ter, antralin, dll (tergantung keparahan). Saya sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilihat secara langsung dan diterapi sesuai dengan penyebabnya. Kelainan kulit akan lebih mudah didiagnosis apabila dilihat secara langsung. Untuk sementara Anda dapat menjaga kebersihan kulit kepala Anda dan jaga agar jangan sampai terlalu berminyak atau terlalu lembab dengan keramas 1-2 hari
sekali. Semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar