Sukses

Hamil atau Haid terlambat?

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
Selamat siang dok, saya menikah sudah hampir 1 tahun. terakhir haid tgl. 7 September 2008, setelah telat 1 minggu saya coba tes namun hasilnya masih negative, setelah telat 2 minggu saya periksa ke bidan namun hasil tes urin masih negative dan saya diminta tunggu sampai tgl. 7 November dan saya diberi vitamin. Tgl. 27 Oktober 2008 ada bercak darah dipagi hari sampai siang darah yang keluar semakin banyak seperti haid, hal ini berlangsung selama 2 hari dan sampai saat ini flek saja. Selama ini siklus haid saya selalu normal. Pertanyaan saya, apakah itu gejala kehamilan atau hanya siklus haid saya yang mundur, apakah penyebab terjadinya? Saya belum berani untuk USG ke dokter. Terima kasih atas jawabannya. (Wanita, 26 thn, 155 cm, 45 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Berdasarkan data yang Anda berikan, apabila saya simpulkan siklus haid Anda normal (saya coba ambil rata-rata 28 hari) maka dengan keluarnya darah seperti haid pada tanggal 27 oktober 2008 berarti Anda telat 3 minggu. Apakah Anda pernah mengalami telat haid seperti ini sebelumnya? Darah yang keluar saat ini pun berlangsung selama 6 hari, seperti layaknya siklus menstruasi. Apakah Anda mengalami gejala kehamilan yang lain seperti mual, payudara terasa nyeri, sering berkemih? Apakah Anda sedang banyak pikiran atau banyak tekanan beberapa minggu terakhir?

Menurut saya (berdasarkan data yang anda berikan) ini adalah menstruasi yang terlambat. Hal ini dapat terjadi apabila Anda sedang mengalami stres, banyak pikiran, atau kelelahan. Kemungkinan kedua, apabila darah haid tersebut kental, bergumpal, dan berwarna kehitaman, apalagi ditunjang dengan pemeriksaan tes kehamilan yang postif, Anda mungkin mengalami keguguran. Tapi data Anda menyebutkan tes kehamilan negatif dan darah keluar seperti haid biasa, jadi kemungkinan keguguran mungkin kecil.

Apabila Anda masih merasa kurang yakin mengenai hal ini Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk hormon B-hCG dan USG untuk memastikan Anda hamil atau tidak. Semoga membantu, (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    1 Komentar

    • Cindy Andita

      hai dok saya cindy mau tanya saya trakhor HTHP tgl 6 januari 2017 sampai tgl 10 feb blm mens tapi payudara nyeri dan kram perut bawah sering pipis ... tapi tgl 11 keluar bercak darah .. saya tespek negative apakah saya hamil ?..