Sukses

Endometriosis

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
selamat sore dok, pada tgl 4 okt yg lalu saya mendapatkan haid selama 2 minggu, hari 1 s/d hari ke 3 normal seperti biasanya, selanjutnya dr hari ke 4 smp hari ke 15 cm berupa flek2 coklat saja. saya sudah ke dokter kandungan,menurut hasil usg adanya penebalan selaput lendir dinding rahim 4cm (endometriosis)kista ovarium, mioma uteri 1,39cm,menurut dr penyebabnya karena ketidakseimbangan hormon. saran dokter waktu itu adalah di kuret, kemudian saya ke dokter kandungan yang lain, hasil usgnya sama, cm menurut dokter yang ini belum perlu di kuret, masih bisa dicoba dengan pemakaian obat-obatan. kemudian saya di kasih obat kalnex 3x1, methergin 3x1 & lutenyl 1x1. menurut dr apa yang harus saya lakukan, apakah mengikuti saran dokter-1 atau dokter ke - 2? terus terang saya takut sekali kalau harus dikuret.apakah kondisi spt ini berbahaya? apakah ada pantangan makanan yg tdk boleh saya makan? saya juga ada penyakit hipertensi yang setiap hari harus minum obat aprovel 1x1.demikian pertanyaan saya, atas perhatiannya terima kasih. (Wanita, 38 thn, 150 cm, 53 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Saya akan mencoba membahas mengenai keluhan dan masalah yang terdapat pada Ibu. Berdasarkan keluhan dan hasil USG, didapatkan bahwa Ibu mengalami endometriosis, kista ovarium, dan mioma uteri. Ketiga penyakit diatas adalah gangguan terhadap sistim reproduksi (dari indung telur dan rahim).

Penyebab dari ketiganya dapat merupakan multifaktorial, dari genetik (keturunan) dan gangguan sistim hormonal. Perkembangan mioma dan kista ovarium memang dipengaruhi oleh hormonal. Analisis dari dokter Anda adalah pertumbuhan ini akibat dari ketidakseimbangan hormon. Untuk kista ovarium, apabila memang tidak menimbulkan gejala dan tidak semakin membesar maka tidak dilakukan tindakan apa-apa. Untuk endometriosis dan mioma, terkadang memang timbul keluhan seperti yang Ibu alami yaitu haid berkepanjangan, dan terkadang disertai oleh nyeri haid (dismenorea) yang sangat hebat.

Terapi pada ketiga kasus ini memang terbagi 2, yaitu terapi medikamentosa dan terapi operatif (tindakan), tergantung dari kondisi yang ditemukan dan keluhan yang dialami.  Umumnya apabila mioma atau endometriosis tidak terlalu besar dan keluhan tidak terlalu mengganggu, akan diterapi dengan medikamentosa terlebih dahulu (preparat hormonal) dengan evaluasi yang teratur. Apabila tidak ada perubahan dengan terapi hormonal (keluhan tidak berkurang, mioma atau endometriosis semakin besar) maka akan dipertimbangkan untuk terapi operatif (operasi pengambilan mioma atau kuretase).

Terapi kuretase memang akan memberikan hasil yang lebih cepat (mioma dan endometriosis dikuret sehingga rahim menjadi bersih), mungkin itu adalah pertimbangan dokter yang pertama. Sedang untuk dokter yang kedua kemungkinan pertimbangan untuk mencoba terapi hormonal terlebih dahulu dan kemudian dievaluasi. Apabila tidak membuahkan hasil, kemungkinan akan dianjurkan untuk terapi operatif.

Kalnex adalah obat untuk mengurangi perdarahan yang terjadi, methergin adalah obat untuk memperbaiki kontraksi rahim (dapat mengurangi perdarahan), dan lutenyl adalah preparat hormon yang diindikasikan untuk defisiensi atau kekurangan hormon progesteron. Tidak ada pantangan makanan untuk penyakit ini karena penyakit ini tidak dipengaruhi oleh makanan. Untuk hipertensi Ibu silakan obatnya dilanjukan dan mohon diberitahukan kepada dokter yang merawat Ibu bahwa Ibu meminum obat antihipertensi teratur.

Masing-masing dokter memiliki pertimbangan sendiri-sendiri. Menurut saya tidak ada salahnya Ibu menjalani pengobatan medikamentosa terlebih dahulu saat ini dan dievaluasi untuk melihat hasilnya. Apabila memang keluhan berkurang maka tidak perlu dilakukan kuretase. Atau apabila Ibu masih ragu maka Ibu dapat mencari 3rd opinion dari dokter kebidanan dan kandungan. Untuk lebih jelasnya mengenai endometriosis dan mioma uteri dapat Ibu baca artikel kami di https://www.klikdokter.com/illness/detail/123 dan
https://www.klikdokter.com/illness/detail/26

Sekian jawababan dari saya, semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar