Sukses

Menstruasi tidak teratur

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
dok,untuk bulan ini saya tidak mengalami menstruasi.tapi saya masih tenang2 aja sih karna dulu pernah juga seperti ini.tapi yang saya takutkan mungkin ada penyebab lain yang membuat saya tidak mengalami menstruasi.menurut medis apa sajakah yang mungkin dapat menyebabkan menstruasi saya menjadi kadang-kadang tersendat (Wanita, 20 thn, 163 cm, 50 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jadi memang plus minus 1 minggu dari hari pertama haid sebelumnya. Apabila memenuhi kriteria diatas maka menstruasi Anda normal.

Pada siklus menstruasi normal, terdapat produksi hormon-hormon yang paralel dengan pertumbuhan lapisan rahim untuk mempersiapkan implantasi (perlekatan) dari janin (proses kehamilan). Karena itulah maka gangguan pada otak seperti stres atau keluhan lain dapat berpengaruh pada siklus menstruasi. Keluhan menstruasi yang tidak teratur, dapat disebabkan oleh karena faktor ketidakseimbangan hormon, stres, kelelahan, infeksi, genetik dan lain-lain. Untuk itu ada baiknya Anda selalu catat hari pertama menstruasi setiap bulannya, haid yang terlambat atau lebih cepat kira-kira 1 minggu masih dapat dianggap normal. Pada wanita usia muda, penyebab paling sering dari ketidak teraturan siklus menstruasi adalah gangguan hormonal.

Apabila hal seperti ini selalu Anda alami, ada baiknya Anda berkonsultasi ke Dokter Kandungan untuk dapat dievaluasi lebih lanjut. Memang ada beberapa orang yang mengalami menstruasi tidak teratur, bahkan beberapa bulan sekali, tapi normal karena  setelah diperiksa ternyata terjadinya ovulasi (keluarnya sel telur) tidak setiap bulan. Hal tersebut dapat dianggap normal. Mengenai siklus menstruasi dapat Anda baca lebih jelas di https://www.klikdokter.com/illness/detail/171. Semoga membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar