Sukses

Keloid pada bekas operasi

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 23 tahun.
selamat pagi dok, saya mo konsultasi nih. Setahun yang lalu saya menjalankan operasi usus buntu, dan bekas operasinya ternyata ngga rata kalau kata orang sih keloid. Nah sama dokter bedahnya, saya di kasih salep MEDERMA. Tapi yang ada kalau pake salep itu jadi perih, kalau ga pake malah jadi gatal, itu kenapa ya dok? Terus 1 pertanyaan lagi, apa mungkin usus buntu itu bisa terulang lagi? Maksudnya operasi 2 x, penyebab saya operasi usus buntu adalah Mie Instan. Soalnya sampai sekarang bekas operasi itu masih terasa sakit sekali, bukan dari kulitnya tapi dari dalamnya. Terima Kasih dok.( perempuan, 23 thn,160 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari klikdokter. Saya akan menjawab pertanyaan Anda satu demi satu. Semoga dapat dipahami.

1. RASA GATAL DAN PERIH PADA BEKAS LUKA

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, Saya ingin melakukan konfirmasi.

- "Apakah keloid terbentuk terbatas pada bekas luka operasi atau lebih lebar?"

- "Bagaimana gambaran lengkapnya? Apakah berwarna merah atau coklat tua kehitaman?"

- "Apakah Anda pernah mengalami hal ini sebelumnya?"

- "Apakah dalam keluarga ada yang memiliki keluhan serupa?"

- dsb...

Gambaran keloid hampir sama dengan jaringan parut hipertrofik, dimana pada keduanya terjadi pertumbuhan jaringan parut abnormal pada bekas luka. Perbedaannya, pada keloid jaringan parut yang terbentuk biasanya melebihi batas luka itu sendiri, disertai rasa gatal dan nyeri. Sedangkan jaringan parut hipertrofik biasanya terbentuk sesuai bentuk dan ukuran lukanya dan berangsur mengecil dalam 12-24 bulan (meskipun tidak hilang dengan sempurna). Pertumbuhan keloid dipengaruhi oleh faktor keturunan, sedangkan jaringan parut hipertrofik tidak. "Yang manakah yang sedang Anda derita saat ini?" 

Obat salep / gel yang Anda gunakan mengandung ekstrak cepalin 10% dan allantoin 1% yang bermanfaat untuk pengobatan keloid ataupun jaringan parut hipertrofik. Bila yang Anda derita benar keloid, maka kemungkinan besar rasa gatal dan perih yang dialami merupakan bagian dari keluhan keloidnya, bukanakibat dari efek samping obat.

2. USUS BUNTU BERULANGKAH?

Appendisitis atau biasa disebut usus buntu terjadi akibat peradangan ataupun infeksi pada bagian usus yang disebut umbai cacing. Pada operasi usus buntu, seluruh bagian umbai cacing diangkat sehingga kemungkinan untuk berulang menjadi sangat kecil. 

Pada beberapa kasus, bisa terjadi gangguan pada pergerakan usus setelah operasi usus buntu yang  kemudian menimbulkan keluhan pencernaan. Keadaan ini bisa jadi merupakan penyebab keluhan Anda. Penyebab lain yang mungkin bisa berasal dari organ lain di sekitarnya, seperti kandung telur atau saluran kemih. 

"Apakah ada keluhan lain yang Anda rasakan, seperti  gangguan pencernaan, gangguan buang air kecil, atau yang berhubungan dengan haid?"

Diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Saran Saya sebaiknya Anda segera mendatangi dokter spesialis bedah sebelumnya atau dokter spesialis terkait bergantung keluhan lain yang Anda rasakan (bila ada). Terapi yang sesuai dan optimal baru dapat ditentukan setelah diketahui penyebabnya.

Demikian penjelasan Saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar