Sukses

Demam, nyeri bokong saat hamil

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 25 tahun.
dok saya sudah hamil 3 bulan, tapi saya jadi sering demam? terus kecapean..memang sich saya kerja dari jam 15.00-22.00 secara rutin, trus bokong saya sering sakit nyeri..trus saya harus bagaimana? oya kalo antibiotik atau obatan yang gak boleh saya konsumsi apa aja ya dok? terimakasih... ( perempuan, 25 thn,160 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih telah mempercayakan masalah Anda pada klikdokter. Saya mengerti kehamilan umumnya merupakan hal yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri, sehingga sangat penting untuk menjaga ibu dan calon bayi agar tetap berada dalam keadaan sehat selama kehamilan.

Kehamilan sendiri merupakan suatu keadaan transisi. Terjadi banyak perubahan pada ibu baik secara fisik maupun psikologis. Selama kehamilan, ibu akan mengalami penurunan daya tahan tubuh yang membuatnya rentan terhadap penyakit infeksi.  Untuk itu dibutuhkan nutrisi dan istirahat yang cukup bagi ibu dan janin untuk kesejahteraan keduanya, terutama dalam masa 3 bulan pertama. Pada masa ini, terjadi pembentukan organ-organ tubuh janin yang dalam bahasa kedokteran disebut sebagai "organogenesis", sehingga banyak yang harus diperhatikan, terutama bila berbicara masalah pengobatan. Diskusikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat apapun, karena aman atau tidaknya penggunaan suatu obat sangat bervariasi, bergantung pada usia kehamilan Anda.

Keluhan demam saat kehamilan bisa terjadi akibat infeksi, atau kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) yang akan semakin membuat Anda kehilangan cairan lebih banyak. Sedangkan keluhan bokong sering sakit bisa timbul akibat kelelahan setelah Anda bekerja seharian. Cobalah untuk lebih rileks dan bangun dari tempat duduk Anda secara berkala. Manjakan diri Anda dengan mandi air hangat, dan perbanyak minum air. Bila diperlukan, Anda dapat mengonsumsi parasetamol untuk menurunkan demamnya. Namun mengingat demam yang Anda alami bisa saja merupakan gejala dari suatu penyakit yang lebih besar, dan memiliki pengaruh buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janin, Saya sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsultasi lebih lanjut. Jangan lupa untuk memeriksakan kehamilan Anda secara teratur.

Demikian penjelasan Saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar