Sukses

Penyakit Asma

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 12 tahun.
Dok, saya ingin berkonsultasi mengenai penyakit asma yang saya alami sejak kecil. Saya tau bahwa penyakit asma itu susah untuk disembuhkan, tapi bagaimana solusi untuk mengatasinya agar tidak kambuh lagi?Apakah itu ternasuk penyakit turunan? Sebab, ayah dan kakak saya juga menderita asma.( perempuan, 12 thn,158 cm,44 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih atas pertanyaannya. Saya mengerti Anda khawatir jika sewaktu-waktu asma Anda kambuh.

Penyakit asma termasuk ke dalam penyakit alergi. Pada orang dengan asma, apabila mereka terpajan/terkena sesuatu yang memicu alergi, maka akan timbul gejala asma seperti sesak nafas, suara mengi, batuk, dada terasa berat/tertekan, dsb. Pemicu alergi ini disebut juga alergen, yang umumnya adalah udara dingin, serbuk bunga, debu, asap rokok, virus, bulu binatang, aktivitas berlebihan, dsb.

Oleh karena itu, selain dengan pengobatan, pencegahan terbaik adalah dengan menghindari alergen/penyebab alergi tersebut agar penyakit asma yang dialami dapat terkontrol dan tidak kambuh lagi. Untuk mengetahui alergen penyebab, dapat dilakukan pemeriksaan alergi (umumnya dengan tes kulit) di klinik/rumah sakit yang memiliki fasilitas tersebut.

Faktor keturunan/hubungan keluarga juga merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit asma, akan tetapi tidak semua orang yang memiliki saudara/keluarga penderita asma pasti akan menderita asma pula. Pada kasus Anda, tampaknya keturunan merupakan salah satu faktor risiko penyakit asma yang Anda derita, dimana ayah dan kakak Anda juga menderita asma.

Demikian penjelasan Saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar