Sukses

Keputihan Tidak Kunjung Sembuh

20 Oct 2014, 11:08 WIB
Wanita, 22 tahun.
dok, saya mengalami keputihan yang cukup lama. keluhannya keputihan kadang berwarna kecoklatan, lengket, kadang menggumpal, kadang berwarna putih susu encer, kadang di daerah kemaluan terasa gatal, namun tidak dilubang vaginanya. saya telah berobat ke dokter spesialis kulit&kelamin, namun belum sembuh juga. saat saya bertanya pada dokter apakah perlu dicek ke laboratorium, dokter tersebut mengatakan tidak perlu.bagaimana keputihan saya bisa sembuh?Apakah wanita yang belum menikah bisa terkena keputihan?Karena orang tua bilang "belum nikah ko kena keputihan"
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Saya mengerti Anda khawatir dengan keluhan keputihan Anda dan rasa gatal di kemaluan yang tidak kunjung sembuh meskipun telah berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Terlebih saat ibu Anda mengatakan bahwa tidak wajar untuk wanita yang belum menikah untuk mengalami keputihan.

Keputihan atau dalam bahasa kedokteran disebut flour albus, adalah cairan (bukan darah) yang keluar dari vagina/liang kemaluan wanita. Keadaan ini dapat bersifat fisiologis (normal) atau patologis (akibat penyakit).

Keputihan yang fisiologis (normal) dapat timbul saat terjadi perubahan siklus hormonal, seperti sebelum pubertas (akil baliq), stress psikologis, sebelum dan setelah datang bulan, kehamilan, saat menggunakan kontrasepsi hormonal, atau saat menopause. Umumnya keputihan pada keadaan ini tidak berwarna dan tidak berbau.

Saat keputihan mulai berbau, konsistensi kental dengan warna kekuningan atau kehijauan, juga disertai rasa gatal atau terbakar, maka sangat mungkin keputihan yang timbul merupakan keadaan patologis, paling sering disebabkan oleh infeksi. Sumber infeksinya bisa berupa jamur, bakteri, atau parasit yang ditransmisikan melalui dudukan toilet umum, handuk, hingga hubungan seksual.

Solusi Keputihan

Kebiasaan tertentu juga mempengaruhi timbulnya keluhan keputihan ini, seperti memakai celana dalam yang terlalu ketat, lembab dengan bahan yang tidak menyerap keringat. Kebiasaan sering mencuci kemaluan dengan sabun antiseptik juga tidak disarankan karena akan mematikan bakteri baik yang melawan kuman-kuman jahat dalam organ kemaluan wanita, sehingga meningkatkan risiko infeksi dan pada akhirnya menyebabkan keputihan.

Melihat banyaknya faktor yang mempengaruhi, keputihan merupakan keluhan yang dapat dialami wanita segala usia. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, dapat dikatakan bahwa keputihan yang Anda alami saat ini termasuk dalam keputihan yang patologis akibat infeksi. Pengobatannya bermacam-macam, bergantung pada bakteri atau kuman penyebabnya. Untuk mengetahuinya, cairan keputihan Anda akan diambil untuk dilakukan pemeriksaan bakteri menggunakan mikroskop. Apakah sebelumnya Anda telah melakukan pemeriksaan ini? Karena terapi yang sesuai dan optimal baru dapat dilakukan setelah memastikan kuman penyebabnya, dengan tidak lupa memperhatikan kebersihan daerah kemaluan Anda. Demikian penjelasan kami. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

0 Komentar

Belum ada komentar