Sukses

Kawat gigi dan operasi gusi

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 24 tahun.
Sakit pada gigi Saya ingin tanya, apakah kalo gigi monyong (maju ke depan) bisa ke belakang dengan kawat gigi? Bagaimana dengan gusinya, karena gusinnya juga jadi maju ke depan? Apakah kalo pakai kawat gigi nanti bisa jadi rata/datar gusinya kalau di lihat dari samping? Kalo di operasi gusinya berbahaya/tidak? Berapa kisaran harga untuk kawat gigi dan operasi gusi? Benar/tidak kalau pakai kawat gigi katanya nanti dagunya yang tadinya ke dalam bisa jadi ke depan (di lihat dari samping). Terima kasih. ( perempuan, 24 thn,165 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Posisi gigi yang maju dapat diperbaiki dengan perawatan orthodontik yaitu dengan menggunakan kawat gigi. Pergerakan gigi yang diharapkan dengan adanya kawat gigi jangan dibayangkan seperti gerakan permainan jungkat-jungkit, di mana bila bagian mahkota mundur lantas akar gigi/gusi menjadi maju. Kalau perawatan ortho sesuai indikasi maka gusi tidak akan menjadi" nampak" maju. Lain halnya bila kelainan tidak hanya pada gigi tapi juga melibatkan tulang rahang, ada kemungkinan gusi harus dikoreksii untuk mendapat hasil yang maksimal. Namun tidak membahayakan.

Perlu diperhatikan, untuk mendapat perawatan orthodontik ini sebaiknya Anda berobat ke dokter gigi spesialis Orthodonti dan tidak ke dokter gigi umum.Perawatan orthodontik membutuhkan keahlian khusus dengan ilmu yang mendalam, dan idealnya tidak dilakukan oleh dokter gigi umum. Biaya yang harus dikeluarkan sangat bervariasi. Sekedar untuk informasi dan perbandingan, biaya perawatan orthodontik di Paviliun Khusus RS Gigi dan Mulut FKG UI adalah Rp 7 juta, namun belum termasuk biaya seperti pemeriksaan radiograf yang diperlukan untuk penegakan diagnosa dan rencana perawatan, dan pencabutan bila diperlukan. Pada perawatan orthodontik, pasien harus datang untuk kontrol dan aktivasi secara rutin ke dokter gigi, kira-kira 2minggu-sebulan sekali. Setiap kunjungan kontrol lazimnya dikenakan biaya, namun besarnya biaya tersebut sangat bervariasi juga. Demikian penjelasan saya.

Terima Kasih

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar