Sukses

Alergi susu sapi

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
Anak saya umur 8,5 bln alergi dgn susu sapi. Kira2 sampai kapan dia msh ttp alergi? (Pria, 31 thn, 177 cm, 95 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Alergi adalah gangguan sistim imunitas (kekebalan tubuh)atau sering disebut atopi. reaksi alergi ini muncul apabila terpapar oleh alergen (zat penyebab alergi). Reaksi alergi ada yang cepat ataupun lambat setelah terpapar oleh alergen. Dalam kata lain, alergi adalah salah satu bentuk hipersensitivitas yang ditandai dengan aktivasi dari sel darah putih, sel mast, dan antibodi yang disebut dengan IgE yang mengaktifkan suatu respon peradangan di dalam tubuh.

Alergi dipengaruhi oleh keturunan dan lingkungan. Pada kasus anak Bapak, susu sapi adalah alergen yang menyebabkan dia menjadi alergi. Perlu diingat bahwa alergi bukanlah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan akan menghilang sekali diberikan obat. Alergi adalah gangguan sistim imunitas sehingga alergi tidak dapat disembuhkan secara sempurna seumur hidup, layaknya seperti penyakit bawaan. Yang perlu diperhatikan adalah alergi dapat dicegah untuk kambuh dan menimbulkan gejala, alergi dapat dikendalikan. Selama anak Bapak
tidak terpapar dengan alergen (susu sapi maupun produk yang mengandung susu sapi seperti keju), maka reaksi alergi tidak akan muncul. Semoga dapat dimengerti. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar