Sukses

Kista dalam kehamilan

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 36 tahun.
Selamat siang, Dokter. Dokter, saat ini saya sedang hamil 29 minggu, dan diketahui ada kista ukuran 12 x 8 cm (tidak padat) di perut atas di luar rahim. Berat janin saat ini 1,3 kg. Pertanyaan saya, apakah saya masih mungkin melahirkan secara normal tanpa SC? Jika saya melahirkan secara normal, kapankah operasi pengangkatan kista dilakukan, apakah harus dalam waktu 1 x 24 jam setelah melahirkan, atau bisa ditunda beberapa bulan? Mohon jawabannya ya Dokter. Terimakasih.( perempuan, 36 thn,153 cm,63 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Apakah lokasi kista yang menurut Ibu di 'perut atas di luar rahim' itu adalah di perut (peritonium atau selaput perut?) ataukah di organ reproduksi di luar rahim seperti ovarium (indung telur)? Akan lebih baik bila Ibu memberikan tambahan informasi nama dan lokasi tepat dari kista tersebut. Perbedaan lokasi dan jenis dari kista (jinak, ganas, jenis sel) akan mempengaruhi terapi yang diberikan.

Untuk sementara, secara umum apabila kista tersebut tidak mengganggu perkembangan janin atau tidak menekan dan menyebabkan permasalahan pada janin maka tidak ada masalah apabila Ibu melahirkan secara normal. Apabila Ibu melahirkan secara SC maka pengangkatan kista dapat dilakukan pada waktu itu juga (sekali kerja), namun apabila Ibu memilih untuk melahirkan normal maka operasi dapat dilakukan sekitar 2-3 bulan (tergantung jenis kista dan lokasinya) setelah Ibu melahirkan. Sekian. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar