Sukses

Kista pada kandungan

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 35 tahun.
Sepupu saya (usia 36 tahun) yg berdomisili di Jakarta saat ini sedang hamil anak pertama & memasuki usia kandungan 7 (tujuh) bulan. Setelah berganti 6 (enam) ginekolog, ginekolog ke-5 mengatakan bahwa terdapat kista pada kandungan tetapi tidak menutup jalan lahir. Ginekolog ke-6 mengatakan bahwa nantinya janin lahir dgn jalan caesar atau alternatif kedua, janin bisa lahir normal, tetapi dalm waktu 1 x 24 jam kista harus diangkat. Apakah benar seperti itu prosedurnya?( perempuan, 35 thn,165 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Apakah lokasi kista berada di dalam rahim? atau di organ reproduksi lain seperti ovarium (indung telur)? Apakah Ibu diberitahu mengenai jenis kista tersebut? Mioma, tumor fibroid, kista ovarium atau apa? Karena perbedaan mengenai jenis kista, ganas/jinak, dan lokasi tepat akan menentukan terapi.

Untuk sementara, secara umum apabila kista tersebut tidak mengganggu perkembangan janin atau tidak menekan dan menyebabkan permasalahan pada janin, kemungkinan selama kehamilan kista tidak ruptur (pecah), maka tidak ada masalah apabila melahirkan secara normal.

Apabila melahirkan secara SC maka pengangkatan kista dapat dilakukan pada waktu itu juga (sekali kerja), namun apabila seppupu Anda memilih untuk melahirkan normal maka operasi dapat dilakukan sekitar 2-3 bulan setelah melahirkan. Mengenai waktu 1x24 jam tersebut tergantung dari jenis kista dan lokasinya. Semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar