Sukses

Kebiasaan hisap jempol

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 29 tahun.
anak syperempuan usia 5bln berat 8,5 kg.punya kebiasaan buruk yaitu ngisap jempol tangan kedalam mulutnya. dia bisa sampai tertidur kalo sudah asik ngisap jempol. bgm cara menghilangkan kebiasaan itu,agar tidak protusif rahang atasnya. terimakasih dokter?( perempuan, 29 thn,155 cm,54 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Saya mengerti Anda khawatir akan kondisi rahang anak Anda kelak. Memang benar kebiasaan menghisap jempol bisa menyebabkan majunya struktur gigi pada rahang atas atau biasa disebut protrusi.

Agak sulit menghentikan kebiasaan anak menghisap jempol, karena hal ini merupakan sebuah refleks alami anak untuk mendapatkan sesuatu yang menyenangkan, membuat anak merasa aman dan nyaman. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kebutuhan anak menghisap jempol:

1. keturunan

2. stress

Kebanyakan anak akan menghentikan kebiasaannya menghisap jempol saat usia 5 tahun. Pada usia tersebut belum terlalu besar kerusakan yang ditimbulkan. Yang dikhawatirkan adalah apabila anak tersebut belum dapat menghentikan kebiasaannya saat usianya mencapai lebih dari 5 tahun.

Kerusakan yang diakibatkan bergantung pada seberapa keras dan sering anak menghisap jempol, antara lain:

1. protrusi gigi depan rahang atas

2. gigi depan rahang menjadi pendek akibat penekanan jempol

3. distorsi pertumbuhan hidung

4. open bite

    gigi-geligi pada rahang atas dan bawah tidak cocok saat menggigit sehingga tampak lubang / tidak rapat

5. cross bite

    pembentukan rahang atas terlalu sempit akibat tarikan otot-otot pipi saat menghisap

 

YANG HARUS DILAKUKAN:

Beberapa teknik untuk menghentikan kebiasaan anak menghisap jempol dapat dilakukan segera setelah anak  Anda dapat berkomunikasi dengan baik. Bila anak Anda mengatakan bahwa ia ingin menghentikan kebiasaan tersebut, beri ia dukungan berupa penghargaan dan pujian bila targetnya tercapai. Sesuatu yang dipaksakan hanya akan membuat anak stress.

Metoda lain yang dapat digunakan adalah dengan menempelkan bandage pada jempol yang dihisap, tentu saja dengan persetujuan anak Anda. Buat kesepakatan bersama seperti mendapatkan sebuah hadiah bila dapat melakukannya dalam jangka waktu tertentu. Lakukan secara berkala hingga anak terbiasa.

Yang perlu diingat adalah jangan pernah memaksakan kehendak agar anak menghentikan kebiasaannya menghisap jempol. Dengan menghargai kesenangan anak tentu akan didapatkan pengertian dan hasil yang lebih optimal. Idenya adalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut sebelum terjadi kerusakan. Demikian penjelasan Saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar