Sukses

Sakit gigi kambuh lagi

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Pria, 29 tahun.
Sakit pada gigi berlubang,ngilu dokter,geraham saya berlubang,pernah saya tambal tetapi tidak lama kemudian sakitnya kambuh lagi.tolong langkah apa yang harus saya lakukan agar sakit gigi saya tidak kambuh lagi.( laki-laki, 29 thn,173 cm,80 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Sakit gigi yang 'kambuh' setelah gigi sudah ditambal bisa disebabkan beberapa hal. Ada kemungkinan terjadi karies sekunder, di mana pada saat ditambal jaringan karies tidak dibersihkan dengan seksama akibatnya infeksi bakteri terus terjadi di bawah tambalan dan menyebabkan rasa sakit. Hal ini dapat terjadi bila tambalan bocor, atau ada bagian tambalan yang patah.

Selain itu, rasa sakit juga dapat disebabkan karena indikasi yang tidak sesuai dan prosedur penambalan yang kurang baik. Misalnya, kalau lubang gigi sudah mencapai lapisan dentin dan hampir menembus rongga pulpa yang berisi jaringan syaraf dan pembuluh darah, maka dokter gigi perlu dilakukan perlindungan terhadap pulpa sebelum bahan tambal diletakkan.

Permukaan tambalan yang terlalu tinggi juga dapat menimbulkan rasa sakit, karena adanya kontak prematur dengan gigi lawannya, sehingga beban yang diterima gigi tersebut lebih berat sehingga timbul rasa sakit.

Yang dapat saya sarankan adalah kunjungi kembali dokter gigi yang merawat Anda agar tambalan dapat diperbaiki.Selain itu pembersihan gigi dan mulut harus lebih dimaksimalkan agar karies dapat dicegah. Demikian saran saya.

Terima Kasih

(Drg. Martha Mozartha)

    0 Komentar

    Belum ada komentar