Sukses

Keputihan dan Daun Sirih

01 Feb 2015, 16:29 WIB
Wanita, 24 tahun.

Salam sehat, Saya ingin menanyakan mengenai keputihan karena saya selalu keputihan setiap hari. Dan ada teman yang menganjurkan agar saya meminum air rebusan daun sirih. Yang ingin saya ketahui amankah jika kita meminumnya setiap hari? Apakah ada efek sampingnya? karena saya juga mendengar kalau air rebusan daun sirih bisa membuat kandungan menjadi keing dan akan sulit untuk hamil lagi. Dan adakah cara lain untuk menghilangkan keputihan? Dan mengapa bisa terjadi keputihan? Jawaban dari dokter sangat saya nantikan. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah).  Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis. Yang dimaksud fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi pada wanita akibat dari perubahan hormonal ketika menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya.

Sayang sekali Anda tidak menjabarkan seperti apa keputihan yang Anda alami. Keputihan yang berwarna kuning kehijauan atau seperti gumpalan susu, gatal, berbau busuk atau amis, panas, banyak adalah gejala keputihan yang patologis. Apabila keputihan encer, tidak gatal, tidak panas, tidak bau, tidak terlalu banyak, maka itu adalah keputihan fisiologis.

Lalu bagaimana penanganan keputihan dengan daun sirih? Berikut penjelasannya:

Dapatkah Daun Sirih Mengatasi Keputihan

Untuk mengatasinya maka sebaiknya Anda berganti celana dalam lebih sering atau setiap kali lembab atau berkeringat, namun diperhatikan juga bahwa celana dalam jangan yang berbahan nilon, lebih baik katun karena bahan nilon akan menimbulkan hawa lembab. Selalu keringkan kemaluan Anda setelah BAB atau BAK dengan handuk. Belum ada penelitian yang menyatakan bahwa rebusan daun sirih dapat bermanfaat bagi keputihan. 

Apabila keputihan ini berlanjut dan tidak membaik dengan saran saya diatas maka konsultasikanlah ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar diterapi lebih lanjut. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi memerlukan pengobatan sesuai dengan kuman penyebabnya. 

Semoga membantu dan bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar