Sukses

Karies menyebabkan gigi patah

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok, gigi geraham saya berlubang bagian atas giginya sudah habis keropos hingga tinggal bagian bawahnya saja. Sekarang keroposnya malah melubang ke arah akar gigi dan akar giginya terlihat sehingga saat kena makanan gigi saya terasa nyeri. Yang ingin saya tanyakan, Gigi saya harus di apakan dok? Apakah harus dicabut atau di tambal? Mohon Sarannya Dokter, Terima Kasih. (Wanita, 22 thn, 153 cm, 44 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Kalau karies menyebabkan gigi patah sedikit demi sedikit hingga tinggal sisa akar, rasanya sulit dipertahankan. Sebetulnya pencabutan adalah perawatan yang paling terakhir dipilih jika sudah tidak ada lagi langkah yang dapat ditempuh dokter gigi untuk mempertahankan gigi Anda.

Saya curiga gigi tersebut sudah mati syarafnya, jadi rasa sakit kemungkinan besar karena gusi di daerah gigi tersebut yang meradang. Atau memang ada infeksi  pada gigi tersebut  yang kembali ke keadaan akut.

Sebaiknya segera datangi dokter gigi Anda, yang akan memutuskan melalui pemeriksaan visual dan radiograf (jika perlu) apakah gigi tersebut harus dicabut atau tidak. Demikian penjelasan saya, semoga membantu.

Terima kasih,

(Drg. Martha Mozartha)

    0 Komentar

    Belum ada komentar