Sukses

Bintik-bintik merah di tangan kaki

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 0 tahun.
Mau tanya dokter, tangan sama badan saya muncul bintik-bintik merah, setelah seminggu sampai dua minggu bintik tersebut berubah jadi warna hitam. Kira-kira penyakit pa ya dok?? terima kasih. (Pria, 28 thn, 178 cm, 55 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Berdasarkan data yang Anda berikan, kemungkinan Anda menderita penyakit campak. Campak, measles atau rubeola adalah penyakit virus akut yang disebabkan oleh virus campak. Penyakit ini sangat infeksius, menular sejak awal masa prodromal sampai lebih kurang 4 hari setelah munculnya ruam. Infeksi disebarkan lewat udara (airborne). Gejala campak  terdiri dari tiga stadium :

  • Stadium prodromal, berlangsung 2-4 hari, ditandai dengan demam yang diikuti dengan batuk, pilek, farings merah, nyeri menelan, stomatitis, dan konjungtivitis. Tanda patognomonik timbulnya enantema mukosa pipi di depan molar tiga disebut bercak Koplik.
  • Stadium erupsi, ditandai dengan timbulnya ruam makulo-papular yang bertahan selama 5-6 hari. Timbulnya ruam dimulai dari batas rambut di belakang telinga, kemudian menyebar ke wajah, leher, dan akhirnya ke ekstrimitas.
  • Stadium penyembuhan (konvalesens), setelah 3 hari ruam berangsur-angsur menghilang sesuai urutan timbulnya. Ruam kulit menjadi kehitaman dan mengelupas yang akan menghilang setelah 1-2 minggu

Saat ini Anda sedang dalam masa konvalesens atau penyembuhan dimana ruam menjadi menghitam. Campak hanya diobati dengan suportif saja yaitu menjaga nutrisi tetap adekuat dan istirahat teratur. Semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar