Sukses

Pertumbuhan gigi belakang

20 Oct 2014, 09:30 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dokter, saya ingin bertanya, sekarang umur saya sudah 26 tahun, Gigi belakang saya ada yang tumbuh baru terlihat sedikit sih. terkadang sakit banget sampai untuk membuka mulut saya merasa sakit banget dok. apa pertumbuhan gigi saya normal? itu baru 1 yang tumbuh bukannya gigi belakang akan tumbuh 2 ya?bagaiman cara mengatasi rasa sakit itu? ( perempuan, 26 thn,163 cm,54 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Gigi geraham (molar) manusia ada 12, masing-masing 3 di rahang atas-bawah kiri-kanan. Gigi molar tiga letaknya paling ujung dan normalnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun ke atas. Bisa dibayangkan, gigi tersebut berusaha keluar saat gigi-gigi lain sudah tumbuh. Maka dari itu biasanya gigi geraham (molar) 3 biasanya tidak cukup ruang untuk tumbuh dengan posisi normal. Pada sebagian orang malah tidak dapat keluar sama sekali, jadi tetap tertanam dalam tulang. Kondisi seperti ini disebut Impaksi Molar 3.

Pada kasus Anda, gigi tersebut kemungkinan besar tumbuh miring dan mendesak gigi tetangga. Karena itulah daerah tersebut terasa sering sakit. Gigi yang tumbuhnya miring itu biasanya keluar hanya sedikit, sehingga menyebabkan terkuaknya gusi yang menutupi gigi. Hal ini juga dapat memperparah rasa sakit, karena gusi sering tergigit oleh gigi lawan. Ditambah lagi bila pembersihan di daerah tersebut kurang baik, maka sisa makanan dapat terjebak di celah antara gusi dan gigi sehingga terjadi peradangan gusi.

Saya anjurkan Anda untuk segera mengunjungi dokter gigi agar dapat dilakukan pengambilan foto rontgen. Dari foto akan ketahuan bagaimana posisi ke-empat gigi molar 3 Anda. Gigi yang impaksi tidak dapat dicabut seperti biasa dengan menggunakan tang. Jadi harus dengan tindakan operasi gigi.

Untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan, dokter gigi Anda akan meresepkan obat minum. Setelah rasa sakit mereda baru gigi tersebut dioperasi. Demikian penjelasan saya, semoga lekas sembuh.

Terima kasih,

(Drg. Martha Mozartha)

    0 Komentar

    Belum ada komentar